3 in 1 Menuju Islam Sempurna

Assalamu alaikum, para Sahabat Ilmu 31. Pada kesempatan kita coba sharing sedikit tentang 3 in 1 Menuju Islam Sempurna. 3 cabang Islam ini sering kita dengar dalam berbagai majelis atau ceramah ustadz. ketiganya adalah Ihsan, Iman dan Islam. Ketiganya kita yakini sebagai pembentuk manusia menuju fitrahnya.

3 in 1 Menuju Islam Sempurna berlandaskan pada Hadist yakni :
Pada suatu hari kami (Umar Ra dan para sahabat Ra) duduk-duduk bersama Rasulullah Saw. Lalu muncul di hadapan kami seorang yang berpakaian putih. Rambutnya hitam sekali dan tidak tampak tanda-tanda perjalanan. Tidak seorangpun dari kami yang mengenalnya. Dia langsung duduk menghadap Rasulullah Saw. Kedua kakinya menghempit kedua kaki Rasulullah, dari kedua telapak tangannya diletakkan di atas paha Rasulullah Saw, seraya berkata, "Ya Muhammad, beritahu aku tentang Islam." Lalu Rasulullah Saw menjawab, "Islam ialah bersyahadat bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan mengerjakan haji apabila mampu." Kemudian dia bertanya lagi, "Kini beritahu aku tentang iman." Rasulullah Saw menjawab, "Beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan beriman kepada Qodar baik dan buruknya." Orang itu lantas berkata, "Benar. Kini beritahu aku tentang ihsan." Rasulullah berkata, "Beribadah kepada Allah seolah-olah anda melihat-Nya walaupun anda tidak melihat-Nya, karena sesungguhnya Allah melihat anda. Dia bertanya lagi, "Beritahu aku tentang Assa'ah (azab kiamat)." Rasulullah menjawab, "Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya." Kemudian dia bertanya lagi, "Beritahu aku tentang tanda-tandanya." Rasulullah menjawab, "Seorang budak wanita melahirkan nyonya besarnya. Orang-orang tanpa sandal, setengah telanjang, melarat dan penggembala unta masing-masing berlomba membangun gedung-gedung bertingkat." Kemudian orang itu pergi menghilang dari pandangan mata. Lalu Rasulullah Saw bertanya kepada Umar, "Hai Umar, tahukah kamu siapa orang yang bertanya tadi?" Lalu aku (Umar) menjawab, "Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah Saw lantas berkata, "Itulah Jibril datang untuk mengajarkan agama kepada kalian." (HR. Muslim)

Dari beberapa referensi kita dapatkan bahwa ada sedikit perbedaan antara pengertian Islam Iman dan Ihsan, yaitu sebagai berikut :

  1. Islam berkaitan dengan masalah lahir, iman berkaitan dengan masalah batin, dan ihsan mencakup keduanya. Ihsan memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari iman, dan iman memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Islam. Tidaklah ke-Islam-an dianggap sah kecuali jika terdapat padanya iman, karena konsekuensi dari syahadat mencakup lahir dan batin. Demikian juga iman tidak sah kecuali ada Islam (dalam batas yang minimal), karena iman adalah meliputi lahir dan batin.
  2. Islam berkaitan dengan masalah lahir, iman berkaitan dengan masalah batin, dan ihsan mencakup ahlak. Ketiga berjalanan beriringan dan saling mengisi dan mempengaruhi.
  3. Islam berkaitan dengan masalah lahir, iman berkaitan dengan masalah batin, dan ihsan mencakup ahlak. Ketiga berjalanan beriringan dan saling mengisi dan mempengaruhi yang namun kedudukannya secara berurutan Islam, Iman dan Ihsan
  4. Islam berkaitan dengan masalah lahir, iman berkaitan dengan masalah batin, dan ihsan mencakup ahlak. Ketiga berjalanan beriringan dan saling mengisi dan mempengaruhi yang namun kedudukannya secara berurutan Islam, Ihsan dan Iman.
3 in 1 Menuju Islam Sempurna      Ilmu 31
Ternyata banyak juga pendapat tentang hal ini. Namun perbedaan yang terjadi bukan  berarti perpecahan justeru hal ini semakin memperkaya Islam itu sendiri. Oleh karenanya meskipunpun Ilmu 31 condong pada pengertian dan tingkatan  pada defenisi yang ke-empat. Namun Ilmu 31 menghargai pendapat yang lain, hal ini terjadi hanya karena cara padang yang berbeda namun hakikatnya 3 in 1 Menuju Islam Sempurna disepakati adalah Islam, Iman dan Ihsan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 in 1 Menuju Islam Sempurna"

Posting Komentar