3 in 1 Negara Arab

Berbicara tentang Negara arab tentu bayangan anda tidak lepas dengan agama Islam. Bahkan tidak jarang orang-orang beranggapan bahwa Islam itu adalah arab. Oleh karena itu seringkali opini negatif muncul karena menyamakan Islam dengan Arab. Padahal Islam adalah agama bersifat universal dan bukan hanya ditujukan kepada masyarakat Arab.
Peta Jazirah arab 3 in 1 Negara Arab

Pada tulisan ini, ilmu 31 akan sedikit menggambarkan Negara arab dari sudut ilmu 31 yaitu 3 in 1 Negara arab. Sesuai literatur kuno yang dikutip Suyanto dalam Muhammad Business Strategy & Ethics negara-negara arab merupakan negara yang berada di sebelah barat dan selatan Mesopotamia. 

Sedangkan secara bahasa dalam Sirah nabawiyah shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri mengatakan bahwa arab artinya padang pasir, tanah gundul, dan gersang yang tiada air dan tanamannya. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa Negara-negara arab dengan sebutan Jazirah Arab dengan batas-batas yaitu :
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah dan gurun Sinai
  • Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Arab dan sebagian besar Negara Iraq bagian selatan.
  • Sebelah utara dibatasi dengan negeri syam dan sebagian kecil Negara Iraq
  • Sebelah selatan beratasan dengan Laut Arab yang bersambung dengan lautan india

Oleh karena itu 3 in 1 negara-negara Arab atau 3 pembagian wilayah Jazirah Arab adalah sebagai berikut:
  1. Wilayah Selatan yang berbatasan dengan Lautan Hindia (saat ini Yaman dan Oman)
  2. Wilayah bagian dalam (saat ini Saudi Arabia)
  3. Wilayah Barat-Selatan ( saat ini yordania dan sebagian syiria)

Ketiga nama wilayah tersebut juga sering dinamakan dalam nama latin yaitu :
  1. Arabia Felix (Arabia Bahagia)
  2. Arabia Deserta (Arabia Gurun)
  3. Arabia Petra ( Arabia Gunung Batu, dibawah kekuasaan Petra)

Arabia Felix mencakup bagian wilayah semenanjung Arab. Wilayah ini sering disebutkan sebagai daerah yaman. Yaman sendiri berarti bahagia dalam bahasa arab disebut yumn (arah kanan) atau kebahagian. Disebut sebelah kanan karena wilayah ini terletak disebelah kanan Hijaz, yang berseberangan dengan Syam (suriah) yang berada disebelah kiri atau utara. Arabia gurun dihuni oleh suku pengembara di Akkadian (Aribi) yang suka menyerang wilayah lain seperti arabia felix dan mesopotamia. Sedangkan arab petra adalah wilayah yang berada di antara mesopotamia dan mesir. Suku utamanya adalah Nabasia dengan ibukotanya petra.

Demikian sekilas bahwa Wilayah Jazirah arab termasuk dalam kajian teori Ilmu 31. Ilmu 31 juga sekaligus memudahkan pemahaman kita terhadap wilayah Jazirah Arab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 in 1 Negara Arab"

Posting Komentar