Pemilihan dan baiat Khalifah kedua Umar Ibnu Khattab

Pemilihan Umar Ibnu Khattab sebagai Khalifah kedua berbeda dengan Pemilihan dan baiat Abu Bakar sebagai Khalifah pertama. Jika Abu Bakar dalam forum musyawarah terbuka, namun Umar ibnu khattab dipilih oleh Abubakar.

Pemilihan ini dilakukan di tahun ketiga kepemimpinan khalifah Abu bakar yang mendadak jatuh sakit. karena kekhawatiran timbulnya pertentangan dan perpecahan dalam tubuh umat islam, Abu Bakar mengambil keputusan untuk menunjuk Umar Ibnu Khatab sebagai penggantinya.

Dimana sebelumnya abu Bakar mengadakan konsultasi tertutup dengan Abd Al-Rahman bin Auf dan Utsman bin Affan serta Asid bin Khudair. Setelah selesai pertemuan tersebut Abu bakar mengingatkan kepada mereka untuk tidak menyampaikan kepada orang lain tentang pembicaraan mereka.

Pesan untuk penunjukkan Umar bin Khattab sebagai penggantinya, Abu Bakar meminta utsman bin Affan untuk menuliskannya. Dalam mendiktekan psan ini, Abu bakar sempat pingsan dan diulangi kembali hingga selesai. Pesan ini berisi perintah untuk mengukuhkan Umar bin khattab sebagai khalifah kedua dalam sebuah baiat umum.

Dari hal ini disimpulkan bahwa Umar bin Khattab dikukuhkan sebagai khalifah kedua dengan penujukan langsung setelah dilakukan konsultasi. Hal ini bertujuan agar umat Islam dapat tetap bersatu dengan menghindari perpecahan umat akibat musyawarah pemilihan khalifah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemilihan dan baiat Khalifah kedua Umar Ibnu Khattab"

Posting Komentar