Sekitar Hikmah Pengetahuan Ilmu 31

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

sebagaimana (kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. QS Albaqarah (2:151). 

serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah m:ereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. QS An Nahl (16:125) 

Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan  Yang Maha Kuasa. Melalui blog ini izinkan saya untuk menyampaikan Hikmah Ilmu 31 yang ada disekitar kita. Hikmah 31 dapat kita sebut sebagai hikmah 3 dalam 1, 3 menuju 1 dan atau three in one. Sebagaimana hikmah 31 yang terdapat dalam ayat diatas, bahwa Rasul diutus mempunyai 3 tugas yaitu membacakan ayat-ayat Allah, Mensucikan manusia dan mengajarkan Al kitab dan Al Hikmah. Hikmah-hikmah itu terdapat dalam ayat-ayat alquran dan seluruh ciptaan Allah dimuka bumi. Hikmah yang dapat kita lihat, rasakan dan pikirkan tersebut dapat menjadi petunjuk dan menuntun kita pada jalan Lurus. 

Hikmah 3 Jalan menuju 1 jalan lurus dapat kita lihat sebagaimana dalam surat Alfatiha pada ayat 6-7 yaitu Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. Dari ayat ini dapat dilihat bahwa satu jalan lurus terdiri dari tiga jalan yaitu jalan orang yang mendapat nikmatNya, Jalan orang yang tidak dimurkaiNya dan Jalan orang tidak dalam kesesatan. Penjelasan tentang Alfatiha diatas berikut Fitrah manusia, sukses bahagia dunia akhirat hingga gambaran surga sebagai tujuan kita sebagai manusia hidup di dunia dan kaitannya dengan ilmu pengetahuan telah dipaparkan dalam buku Islam Jalan Lurus. 

Bukan sebuah kebetulan jika Surat ke 31 Alquran terdiri 34 ayat sedangkan kebalikannya surat ke 13 berjumlah 43 ayat. Dan kedua surat ini termasuk 29 surat Alquran yang diawali huruf terpisah yang belum diketahui maknanya secara pasti. Surat ke 31 diawali kata alif laam miim, sedangkan surat ke 13 diawali alif laam miim raa. Dan disekitar kita Hikmah 31 begitu banyak dan luas dapat dibaca, dirasakan dan dipikirkan. Dan sebagai pembuka berikut disampaikan beberapa contoh hikmah 31 tersebut antara lain : 

  1. Kalimat utama dalam Islam yaitu kalimat basmalah 
  2. Bulan Harram pada penanggalan Islam atau Tahun Hijiriah 
  3. Bentuk Negara-negara di dunia 
  4. Hikmah warna 
  5. Hikmah bentuk geometri 
  6. Hikmah kesempurnaan manusia 
  7. Pembagian Surga 

Mengingat banyak dan luasnya hikmah 31 ini, maka saya membuat blog ini sebagai wadah berbagi pengembangan salah satu konsep Islam Jalan Lurus yaitu hikmah 31. Sehingga kita dapat belajar bersama untuk memahami jalan lurus dan mengambil jalan yang terbaik guna menuju tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. 

Hidup di dunia hanya sementara, karena hidup yang abadi adalah dalam surgaNya. Segala yang ada didunia hanyalah kesenangan fatamorgana. dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). QS Al Imran (3:14). 

Kita tidak tahu kapan kita mati dan meninggalkan segala kesenangan di dunia. Harta, tahta dan keluarga serta semua yang kita cintai akan kita tinggalkan ketika malaikat izrail mencabut nyawa kita. Hanya kain kafan yang melekat ditubuh ini saat kita di kuburkan. Dan ketika hari kebangitkan kita tentu tidak ingin masuk ke dalam neraka jahanam. 

Untuk itu mudah-mudahan melalui blog sederhana ini dapat menjadi sarana dakwah dan saling berbagi serta belajar bersama untuk meningkatkan keislaman, keimanan dan keihsanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. 

Wassalam 

Afdoli 

NB. Untuk mengetahui admin blog ini dapat melalui halaman sekitar saya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekitar Hikmah Pengetahuan Ilmu 31"

Posting Komentar