Yang Afdol; Hubungan Vertikal atau Horizontal?

Terminologi hubungan vertikal dan horizontal seringkali diajukan kepada kita. Seringkali ini membuat kita bingung dalam memilih mana yang di dahulukan. Dikesempatan ini saya coba jelaskan melalui Islam jalan Lurus dan konsep ilmu 31. 

Hubungan vertikal dan horizontal dalam islam sering disebutkan sebagai hamblumminallah dan hamblumminannas. Jika Hubungan vertikal sering diidentikkan dengan hubungan manusia dengan Allah (hamblumminallah), maka hubungan horizontal di identikan dengan hubungan manusia dengan manusia lainnya (hamblumminannas). Pada tulisan ini kita akan melihat bahwa kata hubungan vertikal dan horizontal dapat mengecilkan arti fitrah manusia sesuai ajaran islam sesungguhnya sebagai agama yang lurus. 

Kenapa demikian? Silakan lihat..opini yang berkembang melalui searching google antara kata hamblumminallah dan hamblumminannas atau hubungan vertical dan horizontal dalam islam. Yang terjadi adalah perdebatan antara mana lebih penting antara hamblumminallah dan hamblumminannas, mana yang lebih utama vertikal dulu atau horizontal terlebih dahulu. 

Spesial untuk Anda, pendapat yang berkembang di internet, saya rangkumkan sebagai berikut : 
  1. Menganggap hubungan horizontal harus lebih dahulu dibangun, baru kemudian membangun hubungan vertikal. Alasannya banyak orang yang ibadahnya bagus atau rajin sholat, namun prilakunya jelek dan suka menyakiti orang lain. 
  2. Menganggap hubungan vertikal yang harus lebih dahulu dibangun daripada baru membangun hubungan horizontal. Kelompok ini menganggap bahwa jika orang yang beragamanya bagus maka otomatis prilakunya bagus. Rajin sholat, puasa maka akhlaknya juga akan baik. 
  3. Secara bersama-sama dan seimbang antara vertikal dengan horizontal. Kelompok ini merangkum keduanya yaitu membangun hubungan vertical dan horizontal sekaligus. Orang yang ibadahnya bagus maka akan baik prilakunya dan jika ada orang yang ibadahnya bagus atau rajin sholat, namun prilakunya jelek mungkin ibadahnya yang kurang baik seperti sholat tidak khusyuk atau zakat hanya untuk pamer kepada orang lain. 
Menurut Anda mana hubungan yang paling benar menurut anda? 

Vertikal dulu baru horizontal seperti Nomor 1, Vertikal dulu baru horizontal seperti nomor 2 atau Vertikal sekaligus horizontal seperti nomor 3 yang terbaik menurut Anda. Sebagai gambaran berikut diberikan ilustrasi dalam bentuk gambar 3 dalam 1 hubungan manusia. 

Mana yang lebih dahulu, hubungan vertikal atau horizontal? 3 dalm 1 hubungan manusia

Jika sudah anda pikirkan, namun jangan anda langsung ketikan jawabannya pada kolom komentar. Coba tanyakan kepada hati anda terlebih dahulu, benarkah jawaban yang anda pilih. 

Sudah Anda tanya hati anda… boleh saya ajak Anda untuk bertanya sekali lagi kepada hati Anda. 

Sekali lagi ya, sepertinya masih ada yang belum menanyakan hatinya.. biar genap tiga kali bertanya kepada hati. 
Ok., terima kasih… Jika Anda sudah menanyakan pada hatinya,.. sebanyak 3 kali tadi ya..khan, maka berarti sudah juga anda pikirkan. Untuk silahkan anda tuliskan jawaban Anda. 

Untuk melihat jawaban Ilmu 31 dapat dilihat melalui tulisan kedudukan hubungan vertikal dan horizontal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Afdol; Hubungan Vertikal atau Horizontal?"

Posting Komentar