Kebersamaan Unik MU dan NU sebagai Sesama Pemenang

Tahun 1436 atau Tahun 2015 menjadi unik kita bahas mengingat ada beberapa kejadian yang cukup menarik dalam dunia Islam di Indonesia. Ditahun ini Indonesia mengawali puasa Ramadhan dan idul fitri secara bersamaan. Dan doa kita bersama semoga kita juga dapat bersamaan waktu dalam memasuki bulan zulhijjah yakni bulan dilaksanakannya puasa arafh dan ibadah haji. Disini kita kita batasi pada pembahasan dari sudut pandang 2 ormas bersar yakni Muhammadiyah (MU) dan Nahdlatul Ulama (NU). Sama kita ketahui bahwa kedua ormas islam ini mempunyai peranan penting dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia yang memasuki usia 70 Tahun kemerdekaan. Lihat Sejarah MU dan NU

Menjadi Unik kembali kita bicarakan MU dan NU, karena kedua ormas islam ini kebetulan juga melaksanakan muktamar pada bulan yang sama. Keduanya sama-sama melaksanakan muktamar sebagai musyawarah tertinggi organisasi pada bulan syawal 1436 atau agustus 2015. Dimulai oleh NU yang melaksanakan muktamar ke 33 pada hari Sabtu-Rabu tanggal 16-20 Syawal 1436 H atau 1-5 Agustus 2015 di Jombang Jawa Timur. Dan Menyusul MU ke-47 pada hari Senin-Jum’at 18-22 Syawal 1436 H atau 1-5 Agustus 2015 di Makassar Sulawesi Selatan. 

Cukup unik bukan jika kebersamaan dua ormas Islam ini dapat mengambil waktu memulai puasa Ramadhan dan idul Fitri 1 Syawal bersamaan. Apalagi ditambah dengan kebersamaan dalam memilih waktu untuk bermuktamar jugadapat kita nilai sebuah keunikan. Bagaimana tidak unik karena kedua organisasi Islam ini sama-sama mengambil waktu muktamar di bulan kemenangan. Bandingkan dengan Muktamar MU dan NU sebelumnya.
Kebersamaan Unik MU dan NU sebagai Sesama Pemenang, ilmu 31 foto:elhooda.net


Sama kita ketahui bahwa Bulan Syawal sebagai salah satu bulan pada Tahun Hijriah bagi kita umat Islam adalah bulan kemenangan. Kemenangan bagi orang mukmi setelah menjalani perjuangan menahan lapar dahaga dan hawa nafsu selama sebulan penuh di bulan ramadhan. Demikian juga Bulan Agustus sebagai salah satu Bulan Tahun Qomariyah bagi kita bangsa Indonesia adalah bulan kemenangan. Kita sebut bulan kemenangan bagi Bangsa Indonesia karena pada bulan agustus inilah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya oleh Proklamator Soekarno-Hatta.

Unik memang karena pada tahun 2015 ini, muktamar dua ormas Islam dilakukan di bulan kemenangan. Semoga Kebersamaan Unik MU dan NU sebagai sesama pemenang dapat terus berlanjut dalam segala bidang. Melalui muktamar yang dilakukan semoga MU dan NU tetap dapat mengawal perjalanan bangsa Indonesia menjadi bangsa bermartabat. Bangsa Indonesia yang bangkit dengan semangat bangsanya untuk berubah menuju Indonesia yang baru.

Tulisan Kebersamaan Unik MU dan NU sebagai sesama pemenang ini ditutup dengan ucapan selamat kepada Bapak Dr. Kh. Haedar Nashir dan Bapak Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. sebagai Ketua terpilih MU dan NU, dan teriring do’a semoga dapat menjalankan amanahnya dan membawa umat Islam ke peradaban umat yang Rahmatan Lil Alamin.

Sekaligus ucapan selamat kepada kita Bangsa Indonesia, Selamat memasuki 70 Tahun Kemerdekaan RI, Semoga para pemimpin Bangsa dapat membawa masyarakat menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebersamaan Unik MU dan NU sebagai Sesama Pemenang"

Posting Komentar