GMT2016 membuka Tabir Gerhana Matahari Zaman Rasulullah 14 Abad silam

Dalam tulisan 3 + 5 Alasan Gerhana Matahari Total 2016 semakin Spesial digambarkan bagaimana spesialnya #GMT2016 bagi masyarakat Indonesia. Namun dibalik spesialnya GMT2016, terselip kewajiban Umat Islam untuk melaksanakan kewajiban shalat gerhana. Lihat tulisan Sikap Anda menghadapi Gerhana Matahari Total menunjukkan siapa diri Anda.

Menyikapi gerhana Matahari 2016, sebuah seminar luar biasa dilakukan di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Seminar dengan tema Menyambut Gerhana Matahari Total 2016 mengklaim fenomena gerhana 2016 akan mirip seperti pada zaman nabi Muhammad.



Melalui media Viva.co.id  Ketua Umum Asosiasi Maestro Astronomi dan Ilmu Falak Indonesia, AR Sugeng Riyadi, menuturkan, semasa nabi Muhammad menjadi rasul yakni kurun waktu Agustus 610 M sampai 632 M, hanya ada lima kali gerhana matahari yang melintasi kawasan Makkah dan Madinah. Dalam kurun waktu itu pula gerhana matahari yang pernah terjadi di muka bumi sebanyak 36 kali. 

Adapun lima gerhana matahari yang terjadi pada zaman Rasulullah adalah sebagai berikut :
  1. gerhana matahari total pada 26 Juli 613 M yang melintasi wilayah Afrika, Arab bagian Tengah, India, Samudera Hindia dan Australia.
  2. gerhana matahari cincin pada 24 Mei 616 M. Melintasi kawasan Afrika, Arab bagian Utara, Asia Tengah, Jepang. 
  3. gerhana matahari cincin pada 7 November 617 M, melintasi Eropa, Timur Tengah, India, Asia Tenggara.
  4. gerhana matahari total pada 5 September 620 M yang melintasi Afrika, Arab bagian Selatan, India, Asia Tenggara. 
  5. gerhana matahari cincin (85%) pada 27 Januari 632 M, melintasi kawasan Afrika, Arab Selatan, India, Asia Tengah.
Empat gerhana terjadi sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah atau di Kota Makkah. Sedangkan gerhana kelima terjadi di madinah setelah hijrah ke Madinah yakni gerhana matahari cincin/sebagian yang dialami langsung oleh Rasul. Gerhana kelima ini dinyatakan Bapak Sugeng Riyadi fenomena gerhana 2016 akan mirip seperti pada zaman nabi Muhammad.


GMT2016 membuka Tabir Gerhana Matahari Zaman Rasulullah 14 Abad silam














Foto dari pakarfisika.wordpress.com ini untuk mengujinya dapat kita bandingkan dengan animasi yang dikeluarkan oleh astro.ukho.gov.uk dibawah ini
GMT2016 membuka Tabir Gerhana Matahari Zaman Rasulullah 14 Abad silam




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GMT2016 membuka Tabir Gerhana Matahari Zaman Rasulullah 14 Abad silam"

Posting Komentar