2 Alasan penciptaan manusia

Untuk melengkapi pemahaman kita tentang pembagian golongan dalam umat Islam, langkah lebih baik jika kita melihat untuk apa kita diciptakan ke bumi. Dengan mengetahui untuk apa kita diciptakan, Insya Allah kita akan mengetahui dimana posisi kita sekarang? Dan kemana arah yang akan kita dituju ?

Dalam buku Islam Jalan Lurus, saya mengkaitkan 2 alasan penciptaan manusia dengan surat Alfatiha. Yaitu surat pertama Alquran yang terdiri dari 7 ayat yang wajib kita baca minimal 17 kali dalam sehari semalam.
Hikmah 313 2 Alasan penciptaan manusia

Untuk lebih memudahkan langsung kita sampaikan bahwa ada 2 alasan penciptaan manusia yaitu :

1. Menjadikan manusia sebagai khalifah fil Ard

Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barangsiapa yang kafir, Maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka. (QS. 35:39)


2. Menjadikan manusia sebagai hamba Allah.

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. (QS.98:5)

Sebagai khalifah fil ard, manusia diberi tanggung jawab untuk mempunyai 3 hubungan tanggung jawab yaitu

1. Hablumminalam yaitu hubungan dengan alam sekitarnya
2. Hablumminanna yaitu hubungan dengan dirinya sendiri
3. Hablumminannas yaitu hubungan dengan manusia lainnya

Sedangkan sebagai hamba Allah adalah perwujudan manusia dalam hubungan dengan penciptanya yaitu Allah SWT. Dalam hal ini sering kita dengan nama hablumminallah. Dan sebagai perwujudan sebagai hamba Allah sebagai umat islam kita dibekali dengan 5 rukun Islam yaitu

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
2. Mendirikan shalat
3. Membayar zakat
4. Berpuasa pada bulan Ramadhan
5. Mengerjakan haji ke Rumah Allah bagi yang mampu

Demikianlah 2 alasan kenapa kita hadir dibumi ini. Semoga kita dapat menghisab diri kita sendiri. Dimana posisi kita saat ini ? mana dari 2 tugas kita dibumi ini yang telah dijalankan baik sebagi khalifah maupun hambaNya?

Semoga hal ini dapat menjadi perenungan kita bersama khususnya saya pribadi. Dan semoga kita termasuk orang amanah dengan tugas tersebut dan orang-orang yang didekatkanNya.

Tulisan terkait :

1. Golongan Kanan, Kiri dan Terdahulu Beriman
2. Golongan menganiaya diri sendiri, Pertengahan dan terdahulu berbuat kebaikan
3. Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin
4. 73 Golongan Umat Islam
5. 2 Alasan penciptaan manusia 
6. 3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya
7. 4 Tingkatan surga dan para penghuninya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Alasan penciptaan manusia"

Posting Komentar