3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya

Neraka Jahannam digambarkan Alquran sebagai tempat pembalasan atas kedzaliman dan keingkaran manusia. Dari penafsiran keseimbangan surga dan neraka, bahwa kedua tempat ini adalah balasan atas keimanan dan amal saleh yang dilakukan selama di dunia. Keimanan adalah wujud fitrah manusia sebagai hamba Allah sedangkan amal saleh adalah wujud fitrahnya sebagai khalifah.

orang-orang yang dihimpunkan ke neraka Jahannam dengan diseret atas muka-muka mereka, mereka Itulah orang yang paling buruk tempatnya dan paling sesat jalanNya. (QS. 25:34)
Hikmah 313 3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya

Ada tiga tingkatan Neraka yaitu sebagai berikut :

1. Dan hawiyah adalah Neraka tempat hukuman bagi orang-orang yang ringan timbangan kebaikannya. Yaitu orang-orang yang tidak dapat menjaga fitrahnya sebagai khalifah. Orang menzalimi dirinya sendiri, orang lain atau mahluk lain dan merusak lingkungan alam sekitar termasuk orang-orang calon penghuni neraka Hawiyah.’

dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas. QS. Al Qaari’ah (101:8-11).

Dalam hadits berikut disebutkan gambaran salah satu hukuman di Nereka Hawiyah yaitu sebagai berikut :

Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: Ahli neraka yang paling ringan siksanya pada hari kiamat, adalah seseorang yang pada lekukan telapak kakinya diberi dua bara yang menyebabkan otaknya mendidih. (HR. Muslim)
Sesuai qadarnya Neraka Hawiyah adalah neraka yang berada ditingkat pertama. 

2. Neraka selanjutnya adalah Neraka Jahim yaitu neraka kedua yang diperuntukkan bagi orang-orang sesat. Orang-orang yang sesat adalah orang-orang yang mengikari  fitrahnya sebagai hamba Allah. Mereka menyembah berhala ataupun sembahan-sembahan lainnya. Neraka jahim juga memiliki 3 pintu sama seperti neraka Hawiyah. Masing-masing akan dimasuki orang sesuai dengan derajat keingkarannya terhadap Allah.
Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum Kerabat (Nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahim. QS. At Taubah (9:113)

3. Sedangkan Neraka yang ketiga adalah Neraka Huthamah. kecelakaanlah bagi Setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (QS. 104:1-9)

Penghuni neraka ini masuk dengan cara dilemparkan  kedalam huthamah. Sebagai neraka yang paling dalam, neraka ini memiliki satu pintu. Dan para penghuni neraka akan mendapatkan makanan dari buah zaqqum dan minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.

Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala. mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka Sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. kemudian sesudah Makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. QS. Ash Shaaffaat (37:63-67)

Tulisan terkait :

1. Golongan Kanan, Kiri dan Terdahulu Beriman
2. Golongan menganiaya diri sendiri, Pertengahan dan terdahulu berbuat kebaikan
3. Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin
4. 73 Golongan Umat Islam
5. 2 Alasan penciptaan manusia 
6. 3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya
7. 4 Tingkatan surga dan para penghuninya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya "

Posting Komentar