Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits (bag 3)

Golongan Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin

Untuk anda yang sudah membaca Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits bagian 1 dan bagian 2, Insya sudah dapat memahami bahwa penggolongan umat islam yang berdasarkan kajian Snouck tersebut tidak perlu dikembangkan lagi. Terlebih dalam penelitian-penelitian dalam lembaga Islam, penggolongan tersebut hanya memperlebar jurang pemisah antar umat Islam.

Oleh karenanya pada kesempatan ini Insya Allah kita akan membahas penggolongan umat Islam sesuai dengan perintah yang telah diberikan kepada kita melalui Alquran dan Hadits. Adapun 4 Golongan umat islam ini terbagi atas 4 yaitu :

1. Muhsin yaitu golongan orang-orang ihsan. Insya Allah orang-orang ihsan ditempatkan di surga pertama ditingkat pertama yaitu Darussalam.
2. Muslim, yaitu golongan orang-orang yang menjalankan rukun Islam. Insya Allah orang-orang Islam ditempatkan di surga kedua ditingkat pertama yaitu Ma’wa.
3. Mukmin, yaitu golongan orang-orang yang menjalan rukun Iman atau yang sering disebut orang-orang yang beriman. Insya Allah orang-orang beriman ditempatkan di surga pertama ditingkat kedua yaitu Adn.
4. Muttaqin yaitu golongan orang-orang yang menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya atau yang sering disebut sebagai orang-orang bertakwa. Insya Allah orang-orang bertakwa ditempatkan di surga tertinggi yaitu firdaus.
Hikmah 313 4 tingkatan islam Golongan Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin

Jika pada dua tulisan sebelumnya saya menyampaikan dalil Alquran dan haditsnya. Namun untuk penggolongan dalam bagian ini, penulis hanya menggambarkannya secara sedehana. Hal ini tidak lain karena ayat-ayat tentang hal ini hampir menyebar diseluruh alquran. Demikian juga dalam buku Islam Jalan lurus, saya merasa belum cukup untuk menggambarkan empat golongan ini. Apalagi dalam tulisan pendek ini. Insya Allah Revisi Buku Islam Jalan Lurus dapat segera diselesaikan.

Namun untuk mempermudah pengertiannya, dapat kita lihat melalui gambar yaitu sebagai berikut :

1. Muttaqin sudah tentu mukmin, muslim dan muhsin. Mukmin tentu muslim dan muhsin namun belum tentu muttaqin. Sedangkan muslim belum tentu muhsin, mukmin dan muttaqin. Demikian juga muhsin belum tentu muslim, mukmin dan muttaqin.
2. Muhsin insya Allah akan menempati surga tingkat pertama yaitu darussalam hingga terakhir muttaqin Insya Allah menempati surga tertinggi yaitu Firdaus.
3. Golongan muttaqin berjumlah 70.000 orang atau 700.000 orang, atau dengan 70.000 setiap 1.000 orang sesuai permohonan Rasulullah. Insya Allah penghuni surga Firdaus akan terdiri golongan muttaqin sebanyak 4.900.00 orang atau 49.000.000 juta orang.

Semoga kelak kita termasuk dalam golongan muttaqin sebagai penghuni firdaus. Sebagaimana mana Sabda Rasulullah : bila kalian meminta pada Allah, mintalah firdaus. (HR. Ahmad 21073 dan HR At Tirmidhi 2453)

Tulisan terkait :

1. Golongan Kanan, Kiri dan Terdahulu Beriman
2. Golongan menganiaya diri sendiri, Pertengahan dan terdahulu berbuat kebaikan
3. Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin
4. 73 Golongan Umat Islam
5. 2 Alasan penciptaan manusia 
6. 3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya
7. 4 Tingkatan surga dan para penghuninya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits (bag 3)"

Posting Komentar