Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits (bag 2)

Golongan menganiaya diri sendiri, Pertengahan dan Terdahulu berbuat kebaikan

Masih dalam thema penggolongan umat islam dalam kelompok-kelompok. Thema tulisan sekaligus untuk mengingatkan kepada kita untuk melepaskan diri dari penggolongan Islam Abangan, priyayi dan santri islam yang dilakukan snouck ahli politik devide et impera. Dalam tataran kehidupan beragama, kita umat islam terkadang masih terjebak pada pengelompokan oleh snouck tersebut.

Sudah saatnya kita umat islam fokus pada peningkatan amal selaku khalifah fil ard dan ibadah selaku hamba Allah. Maka berikut ini, kita akan membahas pengelompok umat islam dalam menghadapi perintah-perintah dalam alquran.

Umat islam dibagi dalam tiga golongan, sebagaimana telah dituliskan dalam buku Islam Jalan Lurus yang merujuk pada Surat fathir (Qs. 35:32) yaitu :

1. Orang yang menganiaya diri sendiri (dzalimuna linafsih) adalah orang yang Menganiaya dirinya sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahannya daripada kebaikannya. Insya Allah Penghuni surga yang 2 surga ditingkat pertama (Darussalam dan Ma’wa)
2. Orang pertengahan (muqtasiduna) adalah orang-orang yang kebaikannya sama timbangannya dengan kesalahannya. Insya Allah Penghuni surga yang 1 surga ditingkat kedua (Adn)
3. Orang-orang yang lebih dahulu berbuat kebaikan (Sabiqumbil khairat) adalah orang-orang yang kebaikannya Amat banyak dan Amat jarang berbuat kesalahan. Insya Allah Penghuni surga yang 1 surga ditingkat kedua atau surga tertinggi bagi kita umat Rasul yaitu Firdaus
Hikmah 313 Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits (bag 2)

Kebanyakan kita umat Rasulullah adalah pada golongan orang yang menganiaya diri sendiri (dzalimuna linafsih). Oleh karenanya senantiasa selalu bertaubat dan meminta ampun ketika melakukan dosa, agar diampuni Allah dan terhindar dari api neraka.

Abu Bakar berkata ia mendengar Rasulullah bersabda:”Tidaklah seseorang melakukan dosa, kemudian berdiri, wudhu lalu shalat, setelah itu meminta ampun kepada Allah melainkan pasti diampuni.” Lalu Abu Bakar membaca dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (QS. 3:135) (HR At Tirmidhi 2932) (HR. Abu Dawud 1300)

Jika demikian Insya Allah Umat Islam baik Orang-orang yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah (Sabiqun bil khairat) maupun Orang pertengahan (muqtasiduna) termasuk Orang yang menganiaya diri sendiri (dzalimuna linafsih).

Nabi SAW bersabda kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang Menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang Amat besar. (QS. 35:32) beliau bersabda : Mereka semua tingkatannya sama, mereka semua di surga. (HR. At Tirmidhi 3149) (HR. Ahmad 11321)

Ahli kitab ada yang termasuk golongan pertengahan
dan Sekiranya ahli kitab itu beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka kedalam surga-surga yang penuh kenikmatan. dan Sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. diantara mereka ada golongan yang pertengahan. dan Alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. (Qs. 5:65-66)

Tulisan terkait :

1. Golongan Kanan, Kiri dan Terdahulu Beriman
2. Golongan menganiaya diri sendiri, Pertengahan dan terdahulu berbuat kebaikan
3. Muhsin, Muslim, Mukmin, Muttaqin
4. 73 Golongan Umat Islam
5. 2 Alasan penciptaan manusia 
6. 3 Tingkatan Neraka dan Para penghuninya
7. 4 Tingkatan surga dan para penghuninya 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Golongan Umat Islam versi Christian Snouck Hurgronje vs Versi Alquran Hadits (bag 2)"

Posting Komentar