Hati-hati Menjawab Salam Ahok

Sangat tipis perbedaan  antara 
Assamu'alaikum (Semoga Kematian atas kalian) dengan 
Assalamu'alaikum (Semoga Kesejahteraan atas kalian)

Sedikit saja perbedaan antara kedua ucapan tersebut, namun perbedaan maknanya sangat jauh. untuk melihat perbedaan ini dapat saksikan video salam yang dicapkan ahok berikut ini:


Dalam video ini, sebelum mengucapkan salam terlihat ahok agak berbeda dari biasanya. dan ketika mengucapkan salam. kata-kata yang diucapkan lebih dekat dengan Assamu'alaikum (Semoga Kematian atas kalian) dengan  ketimbang Assalamu'alaikum (Semoga Kesejahteraan atas kalian).

Bagaimana menurut Anda Sahabat Indonesia?

Terkait pengucapan salam ini, saya pernah menulis bagaimana etika kita bangsa Indonesia dalam mengucapkan salam melalui judul Tulisan Pesan untuk Pemimpin Non Muslim . Hal ini terkait pengucapan salam Assalamu'alaikum oleh para pemimpin non musim. Pengucapan salam dalam Islam termasuk amal shaleh, oleh karenanya mari kita bangga dengan agama dan kepercayaan kita masing.

Terkait membalas salam oleh orang non muslim, berikut hadits antara lain

“Ada seorang Yahudi melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia mengucapkan ‘as saamu ‘alaik’ (celaka engkau).” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas membalas ‘wa ‘alaik’ (engkau yang celaka). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Apakah kalian mengetahui bahwa Yahudi tadi mengucapkan ‘assaamu ‘alaik’ (celaka engkau)?” Para sahabat lantas berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana jika kami membunuhnya saja?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan. Jika mereka mengucapkan salam pada kalian, maka ucapkanlah ‘wa ‘alaikum’.” (HR. Bukhari no. 6926)

Rasul bersabda :"Jika orang Yahudi memberi salam, sesungguhnya ia mengucapkan , 'ASSAMU'ALAIKUM (Semoga Kecelakaan atas kalian)', maka katakanlah ALAIKA (atasmu pula)'." HR Ahmad 4469 di lain riwayat salam diucapkan oleh ahli kitab dan dijawab dengan Wa'alaikum atau Wa''alaika

Dari hadits diatas dapat ditarik beberapa makna yaitu :
  1. Begitu cintanya para Sahabat kepada Nabi yang tidak rela diperlakukan demikian oleh orang yahudi tersebut sampai-sampai mau membunuh orang yang sengaja mengatakan salam yang buruk.
  2. Begitu mulia akhlak nabi, dengan melarang untuk membunuh karena salam yang buruk mereka lakukan. 
  3. dan Nabi mengajarkan cukup dengan membalasnya dengan ucapan Alaika, atau Wa'alaikum atau Wa''alaika.
semoga kita dapat mengambil hikmahnya, mungkin kita tidak pernah berpikir kejadian-kejadian pada masa nabi akan terjadi kembali pad masa ini.

oleh karena hal ini dan beberapa kejadian lainnnya, saya mengambil sikap untuk #JihadPerangiAhok dalam konteks ucapan, Perbuatan dan Sikapnya yang memfitnah Islam, membodohi warga Jakarta dan merusak kehidupan berbangsa dan bernegara.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati Menjawab Salam Ahok"

Posting Komentar