Postingan sebagai Ladang Pahala dan Dosa yang terus mengalir

Kita menyadari bahwa postingan yang terkadang kita anggap seperti mainan, guyonan, keisengan. Namun sadarkah kita ketika postingan atau berita yang kita sampaikan bisa menjadi ladang dosa yang terus mengalir. 
Hikmah 313 Postingan sebagai Ladang Pahala dan Dosa yang terus mengalir

Kog bisa... ya bisa, bahkan saat anda sudah meninggal dunia. dosa tersebut juga masih bisa tetap mengalir. sadarkah kita ketika berita atau postingan yang kita bagikan dapat mengubah pola pikir, sikap dan perbuatan seseorang. Perubahan itu dapat langsung dan dapat juga secara perlahan. 

oleh karenanya ketika seseorang berbuat maksiat atau dosa karena contoh ketika anda berbagi postingan pornografi, tanpa anda sadari telah dibaca orang diujung dunia sana yang seketika itu juga dia berbuat maksiat. Maka jika kita qiyaskan kehukum agama maka anda turut menanggung dosa yang sama dengan orang bermaksiat tersebut. bisa anda bayangkan berapa orang yang seperti itu. belum lagi jika ada yang membagikan postingan anda. maka semakin besar peluang anda menanggung dosa maksiat yang tidak anda lakukan secara langsung. 

demikian juga ketika anda postingan tentang kebenaran, bermafaat dan kebaikan. ketika ada yang berbuat kebaikan karena terinspirasi oleh postingan anda, maka pahala oleh berbuat kebaikan turut anda dapatkan. walaupun yang berbuat kebaikan stelah membaca postingan orang lain hasil dari copi paste tulisan anda, tidak usah gusar karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. 

dipenghujung tulisan saya mengutip sebuah ayat sebagai perenungan kita bersama, khususnya saya sendiri. QS. Al Hujurat ayat : 6 yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”

Berita terkait :





  1. Ketika Kebenaran Tidak Berani Disuarakan 
  2. Kebenaran berita tidak ditentukan oleh medianya  
  3. Postingan sebagai Ladang Pahala dan Dosa yang terus mengalir 
  4. Kebenaran tidak ditentukan jlh like komentar dan share 
  5. Islamophobia dari dalam dan dari luar umat  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Postingan sebagai Ladang Pahala dan Dosa yang terus mengalir"

Posting Komentar