3 kelompok Hadits Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur

3 kelompok Hadits Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur

Sebelumnya Anda sudah membaca tulisan segerakan berbuka dan Akhirkan sahur untuk Kebaikan Bersama. Sebenarnya hadits yang senada dengan Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur terdapat dalam 3 kelompok hadits yaitu sebagai berikut :


1. Hadits yang berasal dari riwayat sahabat nabi, Abu Dzar RA bahwa Umat Islam akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Dawud telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah dari Salim bin Ghailan dari Sulaiman bin Abu Utsman dari Adi bin Hatim Al Himshi dari Abu Dzar dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ummatku akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur." HR. Ahmad 20350

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Dawud telah menceritakan kepada kami Ibnu Luhai'ah dari Salim bin Ghailan dari Sulaiman bin Abu Utsman dari Adi bin Hatim Al Himshi dari Abu Dzar bahwa Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda pada Bilal: "Wahai Bilal, kalau subuh telah beranjak ke langit maka itu bukanlah subuh, subuh itu nampak seperti ini, " lalu beliau menyuruh untuk sahur dan beliau pun sahur seraya bersabda: "Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mengakhirkan sahur dan mempercepat berbuka." HR. Ahmad 20530.



2. Hadits dari riwayat dari Abdul Karim bin Abu Al Mukhariq Al Bashri yang menyatakan Rasulullah menyamakan adab bersedekap ketika shalat dengan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri sama menyegerakan saat berbuka dan mengakhirkan sahur."

Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Abdul Karim bin Abu Al Mukhariq Al Bashri bahwa dia berkata; "Di antara sabda para Nabi adalah: jika kamu tidak malu, maka berbuatlah sekehendakmu. Bersedekap ketika shalat dengan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri, menyegerakan saat berbuka dan mengakhirkan sahur." HR. Imam Malik 339.


3. 4 buah hadits Dari Riwayat Aisyah RA yang menyatakan bahwa kebiasaan Abdullah bin Mas’ud menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur sama seperti kebiasaan Rasulullah dalam berpuasa.

1) Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin 'Abdul A'la dia berkata; telah menceritakan kepada kami Khalid dia berkata; telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Sulaiman dari Khaitsamah dari Abu 'Athiyyah dia berkata; aku berkata kepada 'Aisyah; "Di antara kita ada dua orang dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, salah seorang dari keduanya menyegerakan berbuka dan mengakhirkan bersahur, sedangkan yang lain mengakhirkan berbuka dan menyegerakan bersahur?" ia bertanya; "Siapakah di antara keduanya yang menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur?" Aku menjawab; "Abdullah bin Mas'ud." Ia berkata, "Demikianlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukannya." HR. An Nasa’i 2129.

2) Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Basysyar dia berkata; telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al A'masy dari Khaitsamah dari Abu 'Athiyyah dia berkata; Aku berkata kepada 'Aisyah; "Di antara kita ada dua orang, salah seorang dari keduanya menyegerakan berbuka dan mengakhirkan bersahur, sedangkan yang lain mengakhir berbuka dan menyegerakan bersahur?" Ia bertanya; "Siapakah di antara keduanya yang menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur?" Aku menjawab; "Abdullah bin Mas'ud." Ia berkata; "Demikianlah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukannya." HR. An Nasa’i 2130.

3) Telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah Telah menceritakan kepada kami Al-A'masy dari Umarah dari Abi Athiyah berkata; Saya dan Masruq pernah menemui Aisyah, lalu kami berkata; "Wahai Ummul Mukminin, ada dua orang sahabat Nabi Shallallahu'alaihiwasallam, salah satu dari mereka berdua menyegerakan berbuka dan menyegerakan shalat, sedangkan yang satu lagi mengakhirkan berbuka dan mengakhirkan shalat." (Athiyyah) Berkata; Maka Aisyah bertanya; "Siapa dari mereka berdua yang menyegerakan berbuka dan menyegerakan sholat?" Kami berkata; "Abdullah bin Mas`ud." Aisyah berkata; "Memang seperti itulah yang diperbuat oleh Nabi Shallallahu'alaihiwasallam." Sedang lelaki yang lainnya adalah Abu Musa Al-Asy`ari. Telah menceritakan kepada kami Ibnu Ja'far Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Sulaiman berkata; Saya telah mendengar Khaitsamah dan dia berkata; "(Abu Musa) menyegarakan berbuka dan mengakhirkan sahur." Telah menceritakan kepada kami Mu'ammal, Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al-A`masy dari Umaroh dari Abu Athiyyah berkata; Kami berkata kepada Aisyah; "Ada dua orang lelaki dari sahabat Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam, salah satu dari mereka berdua menyegerakan (shalat) maghrib dan menyegerakan berbuka dan yang lain mengakhirkan (shalat) maghrib dan mengakhirkan berbuka." Lalu ia menyebutkan (seperti cerita di atas)." HR. Ahmad 23081.

4) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Sulaiman berkata; saya mendengar Khaitsamah menceritakan dari Abu Athiyyah, dia berkata; kami berkata kepada Aisyah; "Sesungguhnya di antara kami ada dua orang laki-laki dari sahabat Nabi shallallahu'alaihi wa sallam, salah satunya menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, sedangkan yang satunya mengakhirkan berbuka dan menyegerakan sahur." Dia berkata; Aisyah berkata; "Siapa di antara keduanya yang menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur?" Dia berkata; saya berkata; "Dia adalah Abdullah." Aisyah berkata; "Seperti itulah yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam." HR. Ahmad 24230.


Semoga 3 kelompok Hadits Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur ini dapat menambah refensi kita bahwa pentingnya kegiatan Berbuka dan bersahur dalam puasa sekaligus akan membawa Umat Islam senantiasa dalam kebaikan.


Tulisan Terkait :
1. Kaji Ulang Bersahur dan Imsak dalam Puasa
2. Keberkahan Makanan pada Orang Bersahur
3. Kurma Makanan Sahur Terbaik bagi Mukmin
4. Kisah Puasaku Dulu
5. Ayo Makan Sahur Saat Imsak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 kelompok Hadits Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur"

Posting Komentar