Azan Subuh berkumandang Lanjutkan Sahur hingga selesai

Azan Subuh berkumandang Lanjutkan Sahur hingga selesai foto: ciricara.com dan mtf-online.com

Apa yang terasa bagi anda ketika mendengar Sirine atau Imsak? mungkin salah satunya bergegas berhenti makan. Itu  juga cerita masa kecil dulu, seingat saya begitu dengar sirine imsak melalui masjid atau radio, santap sahur disegerakan hingga bunyi sirene habis. Lihat makna puasa ramadhan di masa kecil. Namun ternyata ada hadits yang menyatakan bahwa patokan sahur adalah mendengarkan adzan. lihat tulisan Bersahur diantara Imsak dan Adzan subuh

Bahkan dalam hadits riwayat Abu daud yang diriwayatkan dari Abu Hurairah menyatakan bahwa Jika seseorang sedang santap sahur dan adzan subuh berkumandang, maka santap sahur dapat dilanjutkan hingga selesai.

Telah menceritakan kepada kami Abdul A'la bin Hammad, telah menceritakan kepada kami Hammad Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Amr dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang diantara kalian mendengar adzan, sedangkan bejana (makanan) masih ada di tangannya, maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan hajatnya (sahurnya)." (HR. Abu Daud 2003)

Dari hadits tersebut jelas bahwa kita dapat melanjutkan sahur ketika adzan berkumandang. Hal ini sesuai dengan ayat Alquran tentang puasa. Oleh karenanya ketika waktu telah jatuh imsak ataupun adzan tidak perlu terburu-buru menyudahi santap sahur. Silahkan selesaikan santap sahurnya, baru lanjutkan dengan shalat subuh.

Demikian juga Hadits dari riwayat Bilal yang menyatakan Rasulullah tengah bersahur di masjid rumah beliau ketika memberitahukan shalat.
Telah bercerita kepada kami Waki' telah bercerita kepada kami Ja'far bin Burqan dari Syaddad, budak 'Iyadl bin 'Amir dari Bilal, ia mendatangi nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam untuk memberitahukan shalat, Bilal melihat nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam tengah bersahur di masjid rumah beliau. (HR. Ahmad 22776)

Bila kita hubungkan tulisan tentang sahur, maka dapat kita ambil hikmah bahwa hal ini adalah kemudahan dalam hukum Islam. Namun bukan untuk dimudah-mudahkan atau dipersulit karena ada batasan-batasanya. Dan ada koneksi antara aturan yang satu dengan lainnya, yang satu menguatkan yang lainnya. Hal ini semakin terlihat jika Anda memperhatikan Hadits yang menyatakan tidak ada shalat ketika hidangan telah tersedia. “Tidak ada shalat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada shalat bagi yang menahan (kencing atau buang air besar).” (HR. Muslim no. 560)

Semoga kita selalu diberikan hidayah dan karunia sebagai orang yang selalu dapat mengambil manfaat dan hikmah kehidupan untuk mendekatkan diri kepadaNya.

Tulisan Terkait :
1. 7 Kisah di Waktu sahur
2. 3 kelompok hadits penanda waktu sahur
3. Keberkahan Sahur dan Waktunya
4. Hadits Dalil Imsak Cukup Lemah Sebagai Batas Akhir Bersahur
5. 5 Kelompok Hadits Sahur dan Bacaan 50-60 ayat Alquran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Azan Subuh berkumandang Lanjutkan Sahur hingga selesai"

Posting Komentar