Janji Kekuasaan bagi Orang Beriman dan Beramal Saleh

Janji Kekuasaan bagi Orang Beriman dan Beramal Saleh QS AnNuur 55

dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan aku. dan Barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, Maka mereka Itulah orang-orang yang fasik. (QS. 24:55)

ayat diatas menyatakan bahwa 

1. Janji Allah kepada orang-orang beriman dan yang mengerjakan amal-amal saleh

2. Janji Allah untuk :
a. menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi seperti orang-orang sebelum mereka
b. meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka
c. menukar (keadaan) mereka dari dalam ketakutan menjadi aman sentausa

3. Mereka tetap menyembahku Allah dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun 

4. Jika mereka kafir sesudah janji itu, Maka mereka termasuk orang-orang yang fasik

Ayat ini merupakan salah satu ayat tentang Kekuasaan yang dijanjikan Allah kepada orang yang taat dan mengerjakan amal saleh dimana ada 1 ayat sebelumnya dan 2 ayat setelahnya yang cukup dekat untuk memberikan makna secara lebih utuh. Adapun ayat tersebut adalah sebagai berikut :

Katakanlah: "Taat kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling Maka Sesungguhnya kewajiban Rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. dan tidak lain kewajiban Rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang". (QS. 24:54)

Diayat sebelumnya yakni Surat An Nuur ayat 54 ditegaskan kepada kita untuk taat kepada Allah dan taat kepada rasul. Rasul dan kita memiliki kewajiban masing-masing, sehingga jika kita taat kepadanya niscaya kita akan mendapatkan petunjuk. Karena kewajiban Rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang

Demikian juga dalam ayat setelah ayat Janji Allah untuk memberikan kekuasaan kepada orang beriman dan beramal saleh dengan mendirikan sembahyang, menunaikan zakat dan taat kepada rasul (penegasan kembali). Hal ini agar kita termasuk orang yang diberi rahmat.

dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat. (QS. 24:56)

Sedangkan diayat 57 sebagai bentuk penguatan bagi orang yang dijanjikan kekuasaan oleh Allah tersebut. dimana orang-orang kafir tidak akan dapat melemahkan Allah untuk mewujudkan janjinya tersebut. dan orang kafir yang melemahkan Allah untuk mewujudkan JanjiNya tersebut akan ditempatkan di temapat yang amat jelek yaitu neraka.

janganlah kamu kira bahwa orang-orang yang kafir itu dapat melemahkan (Allah dari mengazab mereka) di bumi ini, sedang tempat tinggal mereka (di akhirat) adalah neraka. dan sungguh Amat jeleklah tempat kembali itu. (QS. 24:57)

Berdasarkan Ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 3 janji Allah kepada orang beriman dan beramal saleh. Oleh karenanya diperintahkan taat kepada Allah dan Rasul, mendirikan shalat dan menunaikan zakat tanpa perlu mengkhawatirkan keberadaan dari gangguan orang-orang kafir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Janji Kekuasaan bagi Orang Beriman dan Beramal Saleh"

Posting Komentar