Keberkahan Makanan pada Orang Bersahur

Keberkahan Makanan pada Orang Bersahur

Dalam tulisan sebelumnya telah dijelaskan bahwa keberkahan bersahur ada 3 yaitu keberkahan pada menunya, bersahurnya dan waktunya. Pada tulisan ini merupakan kumpulan hadits Hadits Keberkahan makanan pada orang bersahur

Dalam berbagai hadits yang dihimpun dapat disimpulkan bahwa 

1. Rasulullah pernah mendo’akan kabarokhan dalam sahur dan menu sahurnya (Ats Tsarid= makanan yang terbuat dari daging dan roti yang sudah dilunakkan)

Telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami Ma'mar dari Ibnu Abi laila dari 'Atho` dari Abu Hurairah, dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendoakan kebarokahan dalam sahur dan Ats Tsarid (makanan yang terbuat dari daging dan roti yang sudah dilunakkan)." HR. Ahmad 7474.

2. Rasulullah mengajak sahabat menuju makan yang diberkahi

Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib bin Yusuf Al Bashri dia berkata; telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman dari Mu'awiyah bin Shalih dari Yunus bin Saif dari Al Harits bin Ziyad dari Abu Ruhm dari Al 'Irbadh bin Sariyah dia berkata; "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di mana beliau mengajak makan sahur di bulan Ramadlan, beliau bersabda: "Kemarilah kalian menuju makan yang diberkahi." HR. An Nasa’i 2134.

Telah mengabarkan kepada kami Suwaid bin Nashr dia berkata; telah memberitakan kepada kami 'Abdullah dari Baqiyyah bin Al Walid dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Bahir bin Sa'd dari Khalid bin Ma'dan dari Al Miqdam bin Ma'dikarib dari Nabi bersabda: "Hendaknya kalian makan sahur karena ia adalah makan yang diberkahi." HR. An Nasa’i 2135.

3. Makan sahur akan menolong diri kita puasa di siang hari

Telah menceritakan kepada kami Muhamamad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Amir berkata, telah menceritakan kepada kami Zam'ah bin Shalih dari Salamah dari Ikrimah dari Ibnu Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Manfaatkanlah makan sahur untuk menolongmu puasa di siang hari, dan tidur siang untuk bangun malam. " HR. Ibnu Madja 1683.

4. Rasul mengajak menikmati makanan yang berbarakah dan membacakan do’a

Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Mu'awiyah yaitu Ibnu Shalih, dari Yunus bin Saif dari Al Harits bin Ziyad dari Abu Ruhm dari Al 'Irbadl bin Sariyah As-Sulami berkata; saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam memanggil kami untuk sahur pada bulan Ramadlan, "Marilah kalian menikmati makanan yang berbarakah ini." Saya mendengar beliau membaca, "Ya Allah, ajarilah Mu'awiyah kitabullah, ilmu hisab dan jagalah dia dari siksaan." HR. Ahmad 16526.

Dalam makanan yang biasa kita makan, namun menjadi berbeda ketika itu dimakan saat bersantap sahur. Selain makanan tersebut menolong kita agar tidak mudah lapar ketika berpuasa pada siang hari ternyata ada kebarokahan tersendiri dalam makanan sahur tersebut. Hal ini diperkuat dengan adanya hadits yang menyatakan untuk bersahur walaupun hanya dengan segelas air. Semoga dengan hadits ini menjadikan kita sayang untuk meninggalkan kesempatan untuk bersantap sahur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keberkahan Makanan pada Orang Bersahur"

Posting Komentar