Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha di Mekkah dan Indonesia sama tanggal harinya

Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha di Mekkah dan Indonesia sama tanggal harinya foto: ida-nulela.blogspot.com

Alhamdulillah,  Idul Adha di Mekkah dan Indonesia sama tanggal harinya, sebuah ucapan yang pantas diucapkan. Setelah sebelumnya sempat khawatir, bagaimana jika kembali terjadi perbedaan hari dan tanggal ibadah di bulan dzul-hijjah?


Kekhawatiran muncul karena perhitungan hisab maulidan hilal di Arab Saudi, Kalender Hijriah Global berbeda dengan perhitungan hisab di Indonesia. baca Bersama tapi tidak sama dalam ibadah arafah dan hari raya idul Adha 1437 H. Keputusan tinggal keterlihatan hilal di Mekkah, sementara di Indonesia hilal diperhitungkan tidak mungkin terlihat. 

Umat Islam dan Indonesia memang sudah terbiasa dengan perbedaan hingga indahnya perbedaan. Hal ini karena ada beberapa tanggal ibadah puasa, hari raya dan lainnya yang beda kasus dengan perbedaan Ramadhan dan syawal. Perbedaan hari di bulan dzulhijah (haji) membuat kita akan dihadapkan pada pilihan seperti makan buah simalakama. makanya sempat muncul tulisan Bulan Haji: akan lebih baik Pemerintah ikuti waktu Makkah. dari pada umatnya yang bingung, khan lebih baik pemerintah mengambil sikap untuk ikuti waktu mekkah dari pada umat islam terbelah.

Lagian gak seru juga jika di Indonesia puasa arafah tanggal 9 dzul-hijjah, ech teleponan dengan keluarganya yang lagi naik haji: "ehh.. kami disini sudah berhari raya haji,  (tgl. 10 Dzul-hijjah)

Namun bersukur kepada Allah SWT bahwa : 
Pemerintah Indonesia melalui kemenag bersama para perwakilan ormas Islam menjalankan sidang Itsbat  dan  Dewan Hakim Tinggi Saudi Arabia atau High Judiciary Council (HJC) of saudi arabia sama-sama mengumumkan 1 dzul-hijjah 1437 H jatuh pada hari sabtu 3 Septembrer 2016. Ibadah wukuf/puasa arafah 9 Dzul-hijjah 1437  pada hari Minggu, 11 September 2016) dan Hari Raya Idul Adha 10 dzulhijjah jatuh pada hari Senin, 12 September 2016. Insya Allah.

Hal ini berarti Indonesia dan Mekkah dan negara-negara yang mengikuti waktu Arab saudi dapat melaksanakan ibadah arafah dan hari raya idul adha secara bersama. Semoga negara-negara yang menggunakan perhitungan lain, untuk bulan dzul-hijjah 1437 ini dapat mengambil waktu yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha di Mekkah dan Indonesia sama tanggal harinya"

Posting Komentar