Kilas Kalender Lunisolar

Kalender lunisolar adalah kalender sesuai fase bulan yang disesuaikan dengan pergantian musim yang dipengaruhi pergerakan matahari dan bumi. Kalender bulan memiliki 354 hari sedangkan kalender matahri memiliki 365 hari dalam setahun. Oleh karenanya untuk dapat menyesuaikan dengan pergantian musim yang dipengaruhi matahari, maka kalender bulan menambah 1 bulan pada tahun-tahun tertentu. Oleh karenanya pada tahun yang ditambahkan 1 bulan, jumlah bulan bertambah menjadi 13.

Kalender model lunisolar ini telah digunakan oleh kaum pagan sebelum Islam di jazirah arab. Dalam Islam, kalender seperti ini termasuk perbuatan yang menentang ketentuan Allah SWT. Ayat 36 surat At Taubah telah mengingatkan bahwa diantara 12 bulan terdapat 4 bulan dalam setiap tahunnnya. Dengan menambahkan 1 bulan baru pada tahun tertentu, maka akan terjadi pergeseran bulan-bulan termasuk bulan haram. Hal ini yang dinyatakan Allah SWT sebagai perbuatan yang mengundur-undurkan bulan haram.

إِنَّمَا النَّسِيءُ زِيَادَةٌ فِي الْكُفْرِ ۖ يُضَلُّ بِهِ الَّذِينَ كَفَرُوا يُحِلُّونَهُ عَامًا وَيُحَرِّمُونَهُ عَامًا لِّيُوَاطِئُوا عِدَّةَ مَا حَرَّمَ اللَّهُ فَيُحِلُّوا مَا حَرَّمَ اللَّهُ ۚ زُيِّنَ لَهُمْ سُوءُ أَعْمَالِهِمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Sesungguhnya mengundur-undurkan bulan haram itu adalah menambah kekafiran. Disesatkan orang-orang yang kafir dengan mengundur-undurkan itu, mereka menghalalkan-nya pada suatu tahun dan mengharamkannya pada tahun yang lain, agar mereka dapat mempersesuaikan dengan bilangan yang Allah mengharamkannya, maka mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah. (Syaitan) menjadikan mereka memandang perbuatan mereka yang buruk itu. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (QS.9:37)

Dalam Islam bulan haram telah ditegaskan sebagai bulan yang dilarang menganiaya diri termasuk seperti untuk berperang. Dari tafsir Depag RI dinyatakan bahwa semenjak Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail bahwa pada bulan-bulan haram itu tidak dibolehkan berperang tetapi karena orang-orang musyrikin itu tidak dapat menguasai dirinya untuk meninggalkan berperang selama tiga bulan berturut-turut yaitu pada bulan Zulkaidah, Zulhijah dan Muharam, maka bulan itu digeser ke bulan lain sehingga mereka mendapat kesempatan untuk berperang pada bulan Muharam.

Kalender model ini yang tidak dibolehkan dalam Islam karena pengunduran bulan dalam kalender lunisolar mengakibatkan bulan yang haram menjadi halal dan bulan yang halal menjadi haram. Kalender ini menyebabkan ketidakpastian sebuah bulan. Tidak dapat dipastikan apakah bulan muharram benar-benar sedang berlangsung pada saat bulan muharam. Hal ini tidak lain karena pergeseran bulan akibat penambahan 1 bulan baru dalam tahun-tahun tertentu.

Kalender lunarsolar ini digunakan umat di dunia seperti Kalender umat yahudi, Imlek (china), Korea, Jepang, Saka (india), dan di Indonesia Hindu (Bali).
Kilas Kalender Lunisolar kalender imlek

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kilas Kalender Lunisolar "

Posting Komentar