Perbedaan Tafsir AlMaidah51 tentang pemimpin oleh Quraish shihab

Kasus penghinaan Alquran yang terjadi di Jakarta telah memancing banyak respon umat Islam. Mulai dari laporan polisi hingga aksi petisi dunia maya agar ahok yang dianggap telah menghina Al quran melalui penyataan masyarakat dibohongi dengan menggunakan Al Maidah 51. 

Namun tidak semua umat Islam menentang yang dilakukan ahok. Memang Alamidah 51 adalah ayat yang secara khusus untuk orang-orang beriman. (lihat Tulisan Al Maidah ayat Keselamatan Toleransi dan rahmatan Lil Alamin). Tidak heran jika Ada juga yang mendukung pernyataan ahok dengan menyatakan bahwa ada perbedaan terjemaahan. Padahal Alquran yang kita pegang dan resmu secara Negara yang diakui adalah terjemaahan Depag RI yang mengartikan kata “awliya” adalah pemimpin. 

Ada beberapa akun sosmed yang merujuk pada penjelasan seorang tafsir yakni Quraish Shihab..Salah satunya yang dimuat di web muslim moderat dengan judul tulisan [Habib Quraish Shihab] Meluruskan Tafsir Surat Al-Maidah ayat 51.  Dalam tulisan tersebut, dijelaskan bahwa tentang Al Maidah 51 yang menggunakan kata awliya. Sementara Qurasi

‘Awliya’ ialah jamak atau bentuk plural dari ‘wali’. sehingga ada kata wali-kota, wali-nikah dst. Wali ialah, kata penulis Tafsir Al Misbah ini, pada mulanya berarti “yang dekat”. Karena itu, waliyullah juga bisa diartikan orang yang dekat dengan Allah....

Namun anehnya dalam kitab tafsir terdahulunya ternyata Quraish Shihab juga memaknai Awliya sebagai pemimpin. Hal ini terdapat dalam software alquran alfanos yang mengambil terjemaahan atau tafsir dari Quraish Shihab.
Perbedaan Tafsir AlMaidah51 tentang pemimpin oleh Quraish shihab Hikamha 313

[ Wahai orang-orang yang beriman, kalian tidak diperkenankan menjadikan orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai penolong yang kalian taati. Mereka itu sama saja dalam menentang kalian. Barangsiapa yang menjadikan mereka sebagai pemimpin, maka ia telah masuk ke dalam golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada mereka yang menzalimi diri sendiri, dengan menjadikan orang-orang kafir sebagai penguasa mereka. ] - Interpretation of ( Al-Ma'idah 51 )

Oleh karenanya, sebagai orang yang sedang belajar tentu ingin mengetahui bagaimana kebenaran dari tafsir Al Maidah 51 menurut Qurasih Shihab. Mana terjemaahan atau penjelasan yang benar-benar dari quraish shihab? Tulisan ini bentuk konfirmasi mendapatkan kebenaran sehingga tidak terjadi fitnah. Hal ini tentu perlu diklarifikasi sehingga tidak menimbulkan kekacauan di kalangan umat Islam.

Hikmah 313, 9 Muharram 1438 H

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Tafsir AlMaidah51 tentang pemimpin oleh Quraish shihab "

Posting Komentar