lebih dulu Malam atau Siang ? (bag.2) Laksana membahas duluan Telur atau Ayam ?

Telur atau Ayam Lebih Dulu
lebih dulu Malam atau Siang ? (bag.2) Laksana membahas duluan Telur atau Ayam ?

Pada bagian sebelumnya telah disampaikan bahwa anggapan yang menyamakan mau malam atau siang dulu. Seperti halnya perdebatan duluan Ayam atau Telur. Namun ternyata dalam perkembangannya telah didapat jawabannya. Antara malam dan siang, jawabannya lebih dulu siang. Dan antara telur dengan ayam, jawabannya lebih dulu ayam.

Pada bagian kedua ini akan dibahas tentang lebih dulu telur atau ayam. Sedangkan untuk pembahasan lebih dulu malam atau siang, Insya dalam bagian selanjutnya.

Dan untuk menjawab lebih dulu telur atau ayam? Maka jawaban dibagi 3 yaitu perdebatan telur ayam klasik, Jawaban Ilmu Pengetahuan dan jawaban Islam sesuai Alquran. 

Pertama jawaban Perdebatan

perdebatan antara ayam dan telur memang seperti tidak akan selesai-selesai. Hal ini dapat dilihat dari cerita-cerita klasik. Sebut saja kisah seorang yang cerdik dari negeri 1001 malam yaitu Abu Nawas. Dimana dikisahkan bahwa Abu Nawas diharuskan memberi jawaban yang tidak dapat didebat lagi oleh Raja. Sementara jika tidak berhasil memberikan jawabannya maka penjara akan menanti, dan sebalik jika berhasil hadiah sudah didepan mata. Dan setelah semua peserta sayembara tidak ada berhasil, akhirnya Abu Nawas mampu membuat Raja tak mampu mendebat jawabannya. Adapun jawaban abu nawas adalah telur lebih dahulu. Dengan alasan ayam bisa mengenal telur, sebaliknya telur tidak mengenal ayam. Karena Raja memang tidak mampu mendebatnya lagi dan abu nawas pun memperoleh hadiahnya.

Dari sini terlihat bahwa abu nawas memilih telur lebih dahulu, namun itu belum final. Karena jika anda sebagai rajanya tentu masih bisa mendebatnya. Ya khan!

Kedua Jawaban Ilmu Pengetahuan

Bahwa Dr Colin Freeman, dari Departemen Teknik Material Universitas Sheffield, mengatakan, ''Selama ini orang mengira bahwa yang terlebih dulu ada adalah telur, tapi kini kita memiliki bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sebenarnya ayamlah yang lebih dulu ada.''

para peneliti menemukan bahwa pembentukan kulit telur bergantung pada satu protein yang hanya ditemukan di indung telur ayam. Artinya, telur hanya bisa ada jika berada di dalam ayam. Protein yang disebut ovocledidin-17, atau OC-17 - bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pengembangan kulit telur itu. Berita Republika http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/10/07/15/124806-ayam-atau-telur-duluan-terjawab-sudah

Jawaban Islam sesuai dengan Alquran

bahwa jawaban ketiga ini dikutip dari web Muslimafiyah  dari tulisan dr. Raehanul Bahraen seorang RS Sardjito Yogya. Tulisan yang membahas duluan telur atau ayam sesuai aqidah umat islam berdasarkan Aquran. Dan jawabannya adalah ayam yang terlebih dahulu diciptakan. Hal ini berangkat dari ayat bahwa Allah telah menciptakan makhluk hidup termasuk dengan berpasang-pasangan. Termasuk Nabi Nuh yang diperintah membawa sepasang dari tiap jenis. 

وَمِن كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasang supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.” (Az Dzariyat 49).

Oleh karenanya yang diciptakan adalah ayam dahulu baru telur. Sehingga jelas bahwa umat islam memiiki landasan kebenaran yang absolut. Hal ini tentu membantah Keyakinan telur dahulu baru ayam atau pertanyaan seputar ini sebenarnya tidak bermanfaat dan memang awalnya dari ahli filsafat yang banyak merenungi hakikat kehidupan dengan menggunakan akal dan logika saja.

Demikian sekilas jawaban antara telur dan ayam mana yang lebih dahulu. Dan Insya Allah bersambung jawaban terkait lebih dulu malam atau siang?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "lebih dulu Malam atau Siang ? (bag.2) Laksana membahas duluan Telur atau Ayam ? "

Posting Komentar