Mengenal Ibadurrahman Calon Penghuni Surga Firdaus dan Adn


Anda mungkin akrab dengan kata Abdurrahman, karena banyak para sahabat kita yang menggunakan nama tersebut. Termasuk Mantan Presiden kita yang keempat juga memiliki nama Abdurrahman wahid atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus-dur. Bersyukurlah karena nama tersebut termasuk nama sangat baik. Semoga para sahabat mengunakan nama tersebut dapat menjadi hamba yang dicintai Allah. Karena nama tersebut termasuk nama yang paling dicintai Allah.

Hal ini sesuai dengan hadits dari Ibnu Umar bahwa 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم احب الاسماء الى الله عبد الله وعبد الرحمن

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Nama-nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman." (Sunan Darimi 2579)

Kecintaan Allah pada nama ini terwujud pada balasan yang diberikan kepada Abdullah (Hamba Allah) dan Abdurahman (Hamba Allah yang Maha Pengasih) di akhirat. Kedua hamba inilah sebagai calon penghuni surga Firdaus dan Adn. Dua surga teratas yang disediakan untuk hamba-hambanya yang paling dicintaiNya. Pembahasan ini telah pernah disinggung dalam tulisan sebelumnya, tentang pembagian surga dan telah dibukukan dalam buku Islam Jalan Lurus
Mengenal Ibadurrahman Calon Penghuni Surga Firdaus dan Adn

Banyak yang menggunakan nama tersebut, dengan harapan menjadi yang paling dicintai Allah dan dapat ditempatkan di surga yang terbaik. Memang nama seseorang belum sesuai dengan sifatnya. Namun setidaknya itu dapat menjadi doa orang tua agar kelak anaknya dapat memiliki sifat dan ciri-ciri sebagai hamba yang paling dicintai Allah. 

Oleh karenanya bagi yang kebetulan tidak mempunyai nama Abdullah dan Abdurrahman tidak perlu berkecil hati. Abdullah dan Abdurrahman yang disebutkan dalam hadits tersebut tidak mutlak menggambarkan nama seseorang. Kedua nama tersebut lebih menggambarkan sifat, amalan seorang hamba. 



Dalam tulisan berikutnya Insya Allah akan disampaikan ciri atau sifat ibadurahman yang dimaksud tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ibadurrahman Calon Penghuni Surga Firdaus dan Adn"

Posting Komentar