3 kali mengulang sholat karena dianggap Rasul tidak sah

3 kali mengulang sholat karena dianggap Rasul tidak sah

Terdapat sebuah hadits menggambarkan bahwa Rasulullah ketika dalam masjid pernah menyuruh seorang sahabat mengulang shalatnya. Rasulullah menganggap sahabat tersebut belum shalat. Pada pengulangan ketiga beliau menjelaskan urutan shalatnya sebagai berikut :

1. menghadap kiblat, 

2. maka bertakbir dan 

3. bacalah Ummul Qur`an (surat Al Fatihah), 

4. kemudian bacalah sesukamu dari Al Qur`an. 

5. Dan jika kamu ruku', maka letakkanlah kedua telapak tanganmu di atas kedua lututmu. Luruskanlah punggungmu dan bersikap tenanglah dalam posisi ruku'. 

6. Dan ketika kamu mengangkat kepala dari posisi ruku', maka luruskanlah tulang sulbimu, sehingga tulang-tulang dan persendian kembali ke posisinya semula. 

7. Kemudian saat kamu sujud, maka bersikap tenanglah dalam sujudmu, 

8. dan jika kamu mengangkat kepala dari posisi sujud, maka duduklah di atas paha kirimu. 

Dan semua itu dilakukan dalam setiap raka'at.

Dan Adapun hadits yang menyatakan 3 kali mengulang sholat karena dianggap Rasul tidak sah adalah sebagai berikut :



مسند احمد ١٨٢٢٥: حدثنا يزيد بن هارون قال اخبرنا محمد بن عمرو عن علي بن يحيى بن خلاد الزرقي عن رفاعة بن رافع الزرقي وكان من اصحاب النبي صلى الله عليه وسلم قال

جاء رجل ورسول الله صلى الله عليه وسلم جالس في المسجد فصلى قريبا منه ثم انصرف الى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم اعد صلاتك فانك لم تصل قال فرجع فصلى كنحو مما صلى ثم انصرف الى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال له اعد صلاتك فانك لم تصل فقال يا رسول الله علمني كيف اصنع قال اذا استقبلت القبلة فكبر ثم اقرا بام القران ثم اقرا بما شيت فاذا ركعت فاجعل راحتيك على ركبتيك وامدد ظهرك ومكن لركوعك فاذا رفعت راسك فاقم صلبك حتى ترجع العظام الى مفاصلها واذا سجدت فمكن لسجودك فاذا رفعت راسك فاجلس على فخذك اليسرى ثم اصنع ذلك في كل ركعة وسجدة


Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun ia berkata: telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Amru dari Ali bin Yahya bin Khallad Az Zuraqi dari Rifa'ah bin Rafi' Az Zuraqi ia adalah salah seorang dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata: Seorang laki-laki datang, sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sedang duduk di dalam Masjid. Kemudian laki-laki itu shalat di dekat beliau, dan setelah shalat ia pun menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ulangilah shalatmu, karena kamu belum shalat." laki-laki itu pun mengulangi shalatnya seperti yang dikerjakannya pertama kali. Setelah selesai, ia pun kembali menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau bersabda lagi: "Ulangilah shalatmu, karena sesungguhnya kamu belum shalat." maka laki-laki itu pun berkata: "Wahai Rasulullah, ajarilah aku, bagaimana seharusnya saya lakukan!" beliau bersabda: "Jika telah menghadap kiblat, maka bertakbir dan bacalah Ummul Qur`an (surat Al Fatihah), kemudian bacalah sesukamu dari Al Qur`an. Dan jika kamu ruku', maka letakkanlah kedua telapak tanganmu di atas kedua lututmu. Luruskanlah punggungmu dan bersikap tenanglah dalam posisi ruku'. Dan ketika kamu mengangkat kepala dari posisi ruku', maka luruskanlah tulang sulbimu, sehingga tulang-tulang dan persendian kembali ke posisinya semula. Kemudian saat kamu sujud, maka bersikap tenanglah dalam sujudmu, dan jika kamu mengangkat kepala dari posisi sujud, maka duduklah di atas paha kirimu. Dan lakukanlah itu semua dalam setiap raka'at dan sujud." (Musnad Ahmad 18225)

Tulisan terkait dengan Keutamaan dan Hukum Membaca Al Fatiha dalam Shalat Berjamaah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 kali mengulang sholat karena dianggap Rasul tidak sah"

Posting Komentar