Benarkah Teroris atas nama Islam? (bag.1)


Mendengar kata teroris, seakan begitu dekat dengan Islam. Terlepas dari apapun alasannya, kita tidak memungkiri ada umat Islam yang melakukan teror. Umat lain juga ada yang melakukan hal yang sama. Namun sepertinya kata teror, bom dan lainnya lebih melekat pada Islam. Mungkin berita ini yang sampai atau lebih sering diterima oleh kita.
Benarkah Teroris atas nama Islam?

Lalu bagaimana sebenarnya ajaran Islam terkait masalah teroris ini. 

Alquran sudah jelas memberikan gambaran bahwa orang yang membunuh orang lain tanpa alasan, diibaratkan seperti membunuh manusia seluruhnya. Demikian juga sebaliknya barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَن قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. QS. Al-Maaida - Ayat 32)

Ayat telah jelas memberikan batasan sikap seorang manusia dengan manusia lainnya berkenaan dengan hak untuk hidup. Rasanya tidak pantas jika teroris adalah Islam, karena sesungguh tidak ada ajaran yang demikian. Dan Islam sendiri menegaskan sebagai agama rahmat bagi sekalian alam atau Rahmatan Lil Alamin.


Tulisan terkait
1. Teroris atas nama Islam (bag.2) Akibat Membunuh Mukmin
2.  Teroris atas nama Islam (bag 3) Sanksi membunuh seorang Kafir

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Teroris atas nama Islam? (bag.1)"

Posting Komentar