Bismillah Bacaan ketika mendatangi istri

Dari kecil kita mungkin sudah disarankan orang tua, guru dan lainnya untuk memulai setiap kegiatan dengan membaca Bismillah. Karena mudahnya membaca bismillah, mungkin menjadikan kita lalai membaca bismillah. Memang banyak perintah, anjuran dan sunnah membaca bismillah yang disebutkan Rasulullah SAW. Salah satunya membaca bismillah ketika mendatangi istri.



مسند احمد ١٨٠٩: حدثنا سفيان عن منصور عن سالم عن كريب عن ابن عباس

يبلغ به النبي صلى الله عليه وسلم لو ان احدهم اذا اتى اهله قال بسم الله اللهم جنبني الشيطان وجنب الشيطان ما رزقتنا فقضي بينهما ولد ما ضره الشيطان

Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Manshur dari Salim dari Kuraib dari Ibnu Abbas, dan sanadnya sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa: "Andai salah seorang dari mereka ketika hendak mendatangi istrinya mengucapkan: 'BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNI ASY SYAITHANA WA JANNIBBIS SYAITHAN MA RAZAQTANA (Dengan nama Allah, Ya Allah jauhkanlah aku dari syetan, dan jauhkanlah syetan dari apa yang telah engkau rizkikan pada kami), maka jika mereka berdua ditakdirkan mempunyai anak setelah itu, maka setan tidak akan mampu memberikan bahaya kepadanya." (Musnad Ahmad 1809)

Hadits ini cukup banyak namun hanya berasal dari satu sahabat yaitu Abdullah bin Abbas yaitu (Shahih Bukhari 138, 4767, 5909) (Shahih Muslim 2591) (Sunan Tirmidzi 1012) (Musnad Ahmad 1770, 1809,2069, 2424, 2466)

Dari hadits tersebut dapat dijelaskan bahwa bacaan bismillah ini merupakan kewajiban bagi laki-laki ketika mendatangi istrinya. Disebutkan sebagai kewajiban karena merupakan perintah Rasulullah SAW.

Adapun bacaan Bismillah pada saat mendatangi Istri bertujuan 

1. dijauhkan dari setan saat pertemuan tersebut

2. dijauhkan dari setan jika diberikan rezeki anak. 


سبحانك اللهم وبحمدك اشهد ان لا اله الا انت استغفرك واتوب اليك

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bismillah Bacaan ketika mendatangi istri"

Posting Komentar