Celakalah orang-orang yang shalat

Tulisan Celakanya orang yang shalat ini sebenarnya satu paket dengan tulisan keutamaan membaca Al fatiha dalam hati. Namun pada kesempatan ini baru dapat ditulis, disamping web Hikmah 313 agak sulit dibuka. dan membaca Al Fatiha yang dimaksud dalam shalat ini khususnya berjamaah termasuk salah satu hal yang membuat orang-orang yang shalat menjadi celaka.

Kog bisa orang-orang yang Shalat malah celaka? 

Kog bisa, ya. Aneh, ya.! Apalagi ini langsung dinyatakan dalam Alquran surat Al Ma’un ayat ke-4. Tidak heran jika ayat ini dimanfaatkan untuk menggoda dan menggoyahkan iman orang mumin dan muslim. “Ngapain shalat, orang yang shalat juga celaka! Mending sekalian aja, nggak shalat” salah satu contoh ucapan yang dapat dilakukan penggoda. Kita nyahut pula:” mana, mungkin.. aneh.” Dibalas lagi :”gak percaya, coba lihat ini Alquran surat Al Ma’un ayat 4”. Akhirnya kita mikir sendiri: “iya apa iya..ya?” mulai dech agak goyang dikit, emang dasarnya kita sendiri agak males-males.

Ayat ini sebenarnya tidak berdiri sendiri, ada banyak ayat lain dapat digunakan sebagai pembandingnya, termasuk hadits yang mendukung sekitar 78 tapi belum dichek total. Sehingga tidak perlu khawatir dengan ayat ini, karena alasan-alasan mengapa celaka bagi orang yang shalat. Berdasarkan konstruksi surat Al Ma’un yang disusun dengan metode hikmah 313. Bahwa ayat dalam surat Al Maun adalah satu kesatuan, ayat 1-3 dan ayat 5-7 juga sudah cukup menjelaskan isi dari ayat ke-4.

Bahkan jika memahaminya, Celakalah orang-orang yang shalat (QS.107:7) , dapat ditafsirkan secara tunggal sesuai prinsip keutamaan atau afdolnya (agak mirip nama yang nulis, maaf agak narsis dikit..). Sehingga kalau ada yang nggoda dengan omongan seperti diatas, bisa kita balas dengan jawaban yang mudah yaitu :

1. Memang Celakalah orang-orang yang shalat, tapi
2. Lebih celaka lagi orang-orang yang sesekali shalat, tapi
3. Lebih celaka lagi orang-orang yang sama sekali tidak shalat, tapi
4. Lebih celaka lagi orang-orang yang menghalangi orang shalat

Mau pilih yang mana? Silahkan life is choice, hidup itu pilihan.

Insya Allah bersambung

untuk respon/diskusi di fb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Celakalah orang-orang yang shalat"

Posting Komentar