Sahnya Shalat akan Lebih Aman jika berwudhu dimulai Basmalah


Para sahabat tentu telah mengetahui dari pelajaran yang umum bahwa wudhu merupakan syarat sebuah shalat, sehingga tidak sah shalat tanpa dilakukan wudhu. Sementara terdapat hadits yang menyatakan bahwa tidak sah wudhu tanpa membaca basmallah. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian karena sahnya shalat tergantung pelaksanaan wudhu. 

Sedangkan berwudhu sesuai pelajaran yang didapatkan bahwa hukum berwudhu ada tiga yaitu syarat, rukun dan sunnat. Syarat dan rukun adalah hal pokok yang tidak boleh ditinggalkan, karena berakibat tidak sah pekerjaan yang dilakukan dalam hal ini berwudhu. Sedangkan sunnah adalah pekerjaan yang dikerjakan berpahala, tidak dikerjakan tidak berdosa. Dari ketiga hukum berwudhu tersebut membaca basmalah termasuk sunnat, sehingga dikerjakan baik, tidak dikerjakan tak mengapa.

Namun dari pengkajian hadits terkait berwudhu dan basmalah bahwa Rasulullah mencontohkan berwudhu diawali dengan membaca basmalah, bahkan ada sahabat yang menyatakan tidak sah wudhu tanpa membaca basmalah. 
Sahnya Shalat akan Lebih Aman jika berwudhu dimulai Basmalah

Hal ini dinyatakan dalam 4 kelompok hadits berkaitan dengan wudhu dengan bacaan basmallah sebagai berikut: 

1. Dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila berwudlu, beliau meletakkan kedua tangannya dalam bejana, membaca basmallah, dan menyempurnakan wudlunya (Sunan Ibnu Majah 1052)

2. Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah memerintahkan agar berwudhu dengan membaca Bismillah. (Sunan Nasa'i 77) dan (Musnad Ahmad 12233)

3. dari Rabi’ah bin Abi Abdur Rahman Farrukh bahwa Tidak sah wudlu orang yang tidak menyebut nama Allah padanya untuk yang berwudhu dengan tujuan mendirikan shalat. (Sunan Abu Daud 93)

4. Dari sa’ad bin Malik bahwa bersabda Tidak (sah) wudhu seseorang yang tidak membaca basmallah (Sunan Abu Daud 93)

Dari inti sari hadits di atas dapat dinyatakan bahwa Rasulullah SAW tidak hanya mencontohkan namun juga memerintahkan agar berwudhu dengan membaca Bismillah. Bahkan Beliau menyatakan tidak sah wudhu tidak membaca basmalah. 

Oleh karena itu untuk sahnya shalat akan lebih baik, terjamin dan afdol jika berwudhu diawali dengan membaca basmalah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sahnya Shalat akan Lebih Aman jika berwudhu dimulai Basmalah"

Posting Komentar