Jawaban kenapa Anjing Melolong ketika Adzan Berkumandang

Beberapa waktu lalu ketika disebuah masjid, terdengar anjing disekitar masjid menggonggong dan melolong ketika adzan dikumandangkan. Awalnya disangka karena suara adzan subuh yang mungkin membuat sang anjing terbangun dan terkaget. Namun menurut penuturan bilal bahwa hampir setiap adzan dikumandangkan dan anjing disekitar masjid pun mengonggong.
Jawaban kenapa Anjing Melolong ketika Adzan Berkumandang

Diketahui bahwa anjing adalah termasuk hewan yang sensitif, memiliki penglihatan lebih tajam. Sama seperti halnya kucing, anjing termasuk hewan yang mampu berjalan dikegelapan walaupun tanpa ada sinar atau cahaya. Tidak heran jika anjing dipercaya sebagai hewan yang dapat melihat mahluk halus seperti Jin. Dan ketika melihat mahluk halus tersebut, si anjing akan berprilaku mengongong atau melolong.

Dalam banyak hadits disebutkan bahwa setan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut menjauh ketika mendengar suara adzan dan iqomat. Dan setelah tidak terdengar, syetan kembali lagi untuk menggoda manusia yang shalat agar lupa berapa raka’at ia shalat. Jika ini terjadi maka kepada kita diperintahkan untuk sujud sahwi dengan dua kali sujud dari posisi duduk. Hal ini disebutkan dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan An Nasa’i, Sunan Ad Darimi, Musnad Ahmad dan Almuwatta Malik. Salah satu hadits tersebut sebgai berikut :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطُرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ حَتَّى لَا يَدْرِيَ كَمْ صَلَّى فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ ذَلِكَ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ
Rasulullah Shalallah 'Alaihi Wa Sallam bersabda: "Bila shalat sudah diserukan, maka setan lari dengan terkentut-kentut. Jika iqamah telah usai, maka setan datang lagi untuk menggoda hati seseorang sehingga tidak tahu jumlah rakaat shalatnya! Jika salah seorang dari kalian mengalami hal tersebut, maka sujudlah dua kali." (Sunan Nasa'i 1236)

Dan dalam hadits lain disebutkan bahwa Syetan adalah dari jenis jin.

فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَأَنْظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya aku telah melihat syetan dari jenis jin dan manusia telah lari dari Umar." Sunan Tirmidzi 3624

dan dalam hadits lain juga disebutkan bahwa anjing dapat melihat apa yang tidak dapt kita lihat.
Rasulullah bersabda :"Jika kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, berlindunglah kepada Allah karena hewan tersebut bisa melihat apa yang tidak kalian lihat,... (musnad Ahmad 13765)

Dari uraian diatas dapat dinyatakan bahwa anjing melolong ataupun menggonggong karena melihat syetan dari bangsa jin yang lari terbirit-birit dengan terkentut-kentut menjauhi masjid karena mendengar suara adzan. 

Semoga jawaban ini dapat mengusir rasa penasaran kita tentang prilaku anjing yang melolong ataupun menggonggong ketika mendengar adzan dan iqomat.

Wallahu a’lam bishawab

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jawaban kenapa Anjing Melolong ketika Adzan Berkumandang"

  1. Anjing peliharaan saya setiap dengar suara adzan pasti meraung, saya pikir mungkin dia ikut menirukan dengan bahasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap hewan memang memiliki caranya sendiri untuk beribadah.. jika burung udah disebutkan di alquran bahwa ibadahnya ketika terbang.

      Hapus