Ramadhan Syawal Bareng (1) Kesabaran Mukmin Di Indonesia tengah dan Timur

Umumnya kita masyarakat tanah air Puasa Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri 1 Syawal dimulai dengan menunggu pengumuman pemerintah. Yaitu setelah selesai sidang Itsbat yang melibatkan seluruh elemen umat Islam. 

Biasanya pengumuman dilakukan setelah magrib Waktu Indonesia Barat, sehingga Isya bagi yang di Kalimantan Jawa Sumatera ba’da Isya bisa langsung Shalat Tarawih berjamaah. Beda dengan saudara kita yang di makkasar, di Bali Nusa tenggara, maluku, ternate, lainnya dan terlebih yang di Papua. Karena perbedaan waktu, dapat saja mereka selesai shalat isya tapi sidang itsbatnya belum selesai. 

Ada perbedaan waktu satu jam antara Jakarta dengan Indonesia tengah. Dan dua jam perbedaan Indonesia Timur. Jika pengumuman di lakukan ba’da Magrib Pukul 19.00 WIB di Jakarta, maka di Makkasar 20.00 WITA dan di Papua sudah pukul 21.00 WIT. Dan waktu tersebut sudah melewati waktu Isya.
Ramadhan Syawal Bareng (1) Kesabaran Mukmin Di Indonesia tengah dan Timur

Alhamdulillah Saudara-saudara kita yang berada di Indonesia tengah dan timur selalu sabar menunggu. Begitu juga kalau mau Hari raya, tentu Saudara-saudara kita yang ditengah dan timur masih harus lebih sabar. Sabar untuk tidak masak- masak untuk persiapan lebaran. Sabar untuk mau pawai takbiran keliling. Karena bisa saja sudah siap-siap masak atau mau takbiran, rupanya begitu pengumumuman ternyata besok belum jadi lebaran. Dan esok tentunya masih berpuasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramadhan Syawal Bareng (1) Kesabaran Mukmin Di Indonesia tengah dan Timur"

Posting Komentar