Kalender Islam Bersatu Bulan Dzulhijjah 1438 H

Kalender Islam Bersatu Bulan Dzulhijjah 1438 H

Kalender Bulan Dzulhijjah 1438 H ini merupakan bagian dari penyatuan Kalender Islam Dunia. Awal Bulan Dzulhijjah 1438 H dimulai pada Hari Rabu, 23 Agustus 2017, mengkonfirmasi bahwa : 
  1. Bulan Syawal 1438 H memiliki 29 hari. 
  2. Awal Kalender Islam Bersatu Bulan Hijiriah ini sama dengan dua kalender dunia lainnya. Kalender Hijriah Global (HG), Kalender Ummul Quraa (UQ) juga telah menyatakan Kalender Awal Bulan Dzulhijjah 1438 H dimulai pada Hari Rabu, 23 Agustus 2017. 
  3. Untuk keperluan Ibadah, Kalender Bulan Dzulhijjah 1438 H dimulai pada Hari Rabu, 23 Agustus 2017 sejak terbit fajar siddiq (subuh). Sedangkan secara administratif Kalender Bulan Dzulhijjah 1438 H dimulai pada Hari Rabu, 23 Agustus 2017 pukul 00:00 Waktu Islam/ITC (Islamic Time Coordinated) atau pada pukul 01.00 Standar Waktu Dunia/UTC (Universal Time Coordinated).

Kalender Islam Bersatu Bulan Dzulhijjah 1438 H ini ditetapkan dengan pertimbangan sebagai berikut:
  1. Penetapan Dewan Hakim Tinggi (Mahkamah Agung) Arab saudi tentang Awal Bulan dzulhijah sesuai dengan rukhyat global yaitu Ruhyat Kota Mekkah. Dan hasilnya awal Bulan Dzulhijjah 1438 H dimulai pada Hari Rabu, 23 Agustus 2017. Oleh karenanya hari Arafah jatuh pada Kamis, 31 Agustus 2017 dan hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017.
  2. Dan banyaknya hari dalam bulan dzulhijah menggunakan penafsiran yang pertama dari hadits bahwa dzulhijjah termasuk bulan yang tidak pernah kurang dari 30 hari. Namun demikian hal ini tetap mempertimbangkan penampakan hilal Mekkah di hari ke-29, karena Arab saudi juga melakukan rukhyat hilal bulan Muharram. 
  3. Rukhyat mekkah sebagai rukhyat global sudah dapat menyatukan kalender Umat Islam untuk keperluan ibadah. Sedangkan untuk keperluan administrasi sipil, Kalender berdasarkan rukhyat tentu perlu modifikasi agar dapat mapan dalam pelaksanaannya. Hal ini akan mempermudah langkah selanjutnya karena ternyata rukhyat juga mampu menjadikan Kalender One Day One Date akan dapat terwujud. Tinggal kemauan umat secara bersama membangun kalender Islam Bersatu

Catatan: 
  1. Penyatuan Kalender Islam Dunia dinamis ini dilakukan dengan menggabungkan tiga metode Penetapan kalender Islam. Adapun tiga metode Penetapan kalender Islam tersebut yaitu : Kalender Ummul Quraa (UQ) adalah Kalender komariah berbasis Hisab Maulidan Hilal dan termasuk salah satu poin dalam konferensi Maroko. Dilakukan oleh Ilmuwan/astronom Arab Saudi untuk kepentingan sipil dengan orientasi waktu pertahun. 
  2. Kalender Hijriah Global (HG) adalah kalender komariah berbasis Imkanu Rukhyat sesuai dengan kriteria kesepakatan Konferensi di Turki. Kalender ini digunakan untuk kepentingan sipil dan ibadah dengan orientasi waktu pertahun. 
  3. Kalender Rukhyatul Hilal Mekkah/Masjidil Haram adalah Kalender komariah berbasis rukhyat (pengamatan) hilal di Mekkah untuk keperluan ibadah dan ditetapkan perbulan. 
  4. Ketiganya dikombinasikan dengan metode Hikmah 313 untuk menjadikan kalender Islam Bersatu yang dapat digunakan untuk kepentingan ibadah dan administrasi sipil. Terdapat beberapa model/metode yang memadukan dan menyatukan penafsiran dali-dalil Alquran dan hadits dalam satu kesatuan pemahaman kalender yang utuh. Lihat 313 Cara Menyatukan Kalender Islam Dunia (Hijriah)


Hikmah 313, Dzulhijjah 1438 H


Tulisan terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalender Islam Bersatu Bulan Dzulhijjah 1438 H"

Posting Komentar