Inikah Hikmah Anjuran Tujuh Kali Menyikat Gigi Mulut Sehari Semalam

Penelitian Kesehatan Modern menggambarkan bahwa empat organ vital manusia terpengaruh oleh kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Bahwa kebiasaan menyikat gigi dan mulut berpengaruh bagi kesehatan Otak, Jantung, Hati dan organ reproduksi baik pria maupun wanita.

Seperti apa kebiasaan Menyikat gigi dan mulut dalam Islam ?

Islam dikenal sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai kebersihan dengan meletakannya sebagai bagian dari iman. Salah satunya terlihat dari anjuran tentang kebersihan gigi dan mulut. Umat islam dianjurkan untuk Menyikat Gigi Mulut (bersiwak) minimal lima kali dalam sehari. Hal ini sama dengan jumlah shalat wajib yaitu lima kali sehari semalam. 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sekiranya tidak memberatkan ummatku atau manusia, niscaya aku akan perintahkan kepada mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) pada setiap kali hendak shalat." (Shahih Bukhari 838)
Inikah Hikmah Anjuran Tujuh Kali Menyikat Gigi Mulut Sehari Semalam

Namun Ini belum termasuk dua shalat sunnah yang rutin secara waktu setiap harinya. Yaitu Shalat sunnah Dhuha dan Shalat sunnah malam (Tahajud witir), maka anjuran menyikat gigi bagi umat islam adalah tujuh kali dalam sehari. 

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا قَامَ لِلتَّهَجُّدِ مِنْ اللَّيْلِ يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila bangun malam untuk shalat tahajjud, Beliau menggosok dan membersihkan mulut Beliau dengan siwak. (Shahih Bukhari 1068)

Kebiasaan tentunya sejalan dengan nasehat ahli kesehatan modern yang menganjurkan untuk menggosok gigi minimal 2-3 kali sehari. Anjuran ini tentu menggambarkan bagaimana pentingnya menyikat gigi dan mulut bagi manusia? 

Lalu apa sebenarnya hikmah dibalik anjuran untuk menyikat gigi mulut tersebut? 

Jika waktu yang lalu umat islam beranggapan bahwa bersiwak dilakukan untuk menyucikan diri, membersihkan mulut sehingga napas segar ketika shalat. Namun di zaman modern ini, kita baru menyadari hikmah dibalik anjuran bersiwak secara luas. Ternyata kebiasaan menyikat gigi mulut berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Dari beberapa penelitian kesehatan dunia ternyata setidaknya ada empat manfaat dari menyikat gigi dan mulut bagi kesehatan yaitu

1. Menjaga kesuburan dan kesehatan produksi baik pria dan wanita
Plak yang berkembang pada gigi merupakan tempat tumbuhnya bakteri yang berpengaruh buruk bagi pembuluh darah pada saluran reproduksi. Pada pria tentunya akan mempengaruhi disfungsi ereksi dan penurunan jumlah sperma. Sedangkan pada wanita hal ini mempengaruhi kesuburan karena aliran darah tertekan sehingga terjadi penundaan pembuahan. "Ini memberi pengaruh negatif pada kesuburan yang memiliki urutan yang sama besarnya dengan obesitas," kata peneliti Roger Hart


2. Mencegah penyakit gangguan otak.
Dikutip dari Republika jurnal JDR Clinical & Translational Research mengungkapkan bahwa kebiasaan menyikat gigi baik bagi kesehatan otak. Hal ini dibuktikan oleh dr Daiane Cerutti-Kopplin dari Federal University of Rio Grande do Sul di Brasil. Mereka menemukan kaitan antara kesehatan mulut dengan fungsi otak. Terdapat peningkatan peningkatan risiko gangguan otak seiring hilangnya gigi. Orang dengan gigi suboptimal (kurang dari 20 gigi) memiliki 26 persen peningkatan risiko Alzheimer dan 22 persen peningkatan risiko demensia. 


3. Mencegah penyakit Hati
Bahwa kesehatan hati dapat diawali dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan mulut dengan baik

Disebutkan dalam sebuah artikel tentang sebuah penelitian yang melibatkan 184 pasien sirosis, peneliti menemukan bahwa 44 persen partisipan juga menderita penyakit gusi parah. Untuk memperburuk keadaan, penelitian tersebut menemukan pasien yang menderita penyakit gusi parah dan sudah menderita sirosis lebih mungkin meninggal. Dr. Lea Gronkjaer, yang memimpin penelitian di Denmark, mengatakan: "Periodontitis parah sangat memprediksi angka kematian yang lebih tinggi pada sirosis."

Penyakit hati merupakan penyebab kematian prematur keempat terbesar di Inggris, yang telah meningkat 400 persen dalam 40 tahun terakhir. Usia rata-rata kematian akibat penyakit hati adalah 57, yang 20 tahun lebih muda dari rata-rata usia kematian akibat kanker, stroke, dan penyakit jantung. Di AS, setidaknya 30 juta orang - atau satu dari 10 orang Amerika - memiliki beberapa bentuk penyakit hati. Dan sekarang, berkat penelitian ini, kami mulai mengerti bahwa, dalam banyak kasus, semuanya dimulai dengan kebersihan mulut yang buruk.

4. Mencegah penyakit jantung dan stroke

dikutip dari detik yang memuat berita dari Huffingtonpost, Jumat (14/9/2012). tentang Sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Medicine pada tahun 2012 membuktikan, lansia yang secara teratur menjaga kebersihan gigi cenderung memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.


Dengan kebiasaan menyikat gigi 2-3 kali sehari, penelitian ini dapat mengungkapkan pengaruh baiknya bagi kesehatan. Bagaimana jika yang diteliti adalah kebiasaan seperti Nabi SAW yang menyikat gigi dengan siwak minimal 7 kali sehari semalam? Tentu ini PR lanjutan bagi peneliti-peneliti masa depan. Kalau pribadi menilai tentu manfaatnya akan jauh lebih baik bagi kesehatan karena :

1. Pembersihan gigi dan mulut lebih sering dilakukan
2. Dilakukan dengan bahan alami yaitu kayu siwak

Manfaat menyikat gigi dan mulut diatas mungkin masih sebagian yang terungkap, namun telah menegaskan hikmah perintah Rasulullah SAW untuk bersiwak. Suatu sunnah yang diganjar dengan pahala jika diikuti, namun baik bagi kesehatan diri jika kerjakan. Wajar jika Rasulullah pernah menyatakan sunnah bersiwak dalam bentuk peringatan. Jika hadits-hadits perintah bersiwak diatas disebutkan dalam bentuk anjuran yang halus. Hal ini terlihat dari hadits Anas bin Malik bahwa 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثَرْتُ عَلَيْكُمْ فِي السِّوَاكِ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Aku telah terlalu sering memperingatkan kalian untuk selalu bersiwak." (Shahih Bukhari 839)
Semoga kita selalu dapat menjalankan sunnah-sunahnya yang terbukti selaras dengan zaman, baik bagi kehidupan dunia maupun hingga akhirat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inikah Hikmah Anjuran Tujuh Kali Menyikat Gigi Mulut Sehari Semalam"

Posting Komentar