Puasa Tiga hari dapat menghilangkan dengki dan kesempitan hati

Dengki merupakan salah satu penyakit hati yang perlu diwaspadai. Perselisihan tentang kitab bukan terjadi karena kebenaran yang tidak diterima, namun lebih karena rasa dengki diantara yang berselisih. 

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS. 3:19)

Bahaya dengki dalam surat Al Falaq, disebutkan untuk memohon perlindungan dari Tuhan penguasa subuh.

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki". (QS. 113:5)
Puasa Tiga hari dapat menghilangkan dengki dan kesempitan hati

dan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa puasa tiga hari dapat menghilangkan dengki di dalam dada

مَعَهُ كِتَابُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ الشَّهْرِ يُذْهِبُ وَحَرَ الصَّدْرِ
Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari Harun bin Ri`ab dari Ibnu Syikhkhir dari seorang dari bani 'Uqaisy, dia berkata: -sedangkan ia membawa kitab Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam-, Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Puasa tiga hari di setiap bulan dapat menghilangkan kedengkian dalam dada." (Musnad Ahmad 19812)

Sedangkan dari hadits yang bersumber dari abu dzar bahwa puasa tiga dapat menghilangkan kesempitan dalam dada.

رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ صَوْمُ الدَّهْرِ وَيُذْهِبُ مَغَلَةَ الصَّدْرِ قَالَ قُلْتُ وَمَا مَغَلَةُ الصَّدْرِ قَالَ رِجْسُ الشَّيْطَانِ
Rasulullah Shallalahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Puasa pada bulan kesabaran (Ramadan) dan puasa tiga hari pada setiap bulan setara dengan puasa setahun dan dapat menghilangkan kesempitan dalam dada." Abu Dzar berkata: "Aku bertanya: 'Kesempitan dalam dada itu apa? ' Beliau menjawab: "Pekerjaan setan." (Musnad Ahmad 20402)

Sejalan dengan uraian diatas, bahwa puasa memiliki kelebihan seperti berpuasa sepanjang waktu. Lihat tulisan Puasa tiga hari setara puasa sepanjang bulan atau tahun. Dan kapan berpuasa tiga hari dapat dilakukan? waktunya juga cukup meringankan. Lihat Tulisan Tujuh Macam waktu berpuasa Tiga Hari Sebulan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puasa Tiga hari dapat menghilangkan dengki dan kesempitan hati"

Posting Komentar