Stop Merokok dan Vape dengan Siwak

Pengen sekali, berhenti merokok, namun kog sulit ya..? sudah berbagai cara tips berhenti merokok dicoba namun belum berhasil. Coba ganti dengan ngemil, bukannya berhenti merokok malah tambah berat badan. Ganti dengan permen, bukannya berhenti malahan merokok sambil makan permen. Bahkan larangan dokter yang dianggap ampuh, berlaku juga cuma kalau lagi sakit. Begitu agak sehatan dikit, mulailah cerobong kembali berasap.

Bagi setiap orang, kondisinya mungkin berbeda-beda. Dan memberhentikan kebiasaan merokok memang sulit, butuh perjuangan dan kemauan yang keras. Jika tidak, akan selalu kembali ke reff. Berhenti sebentar kambuh lagi, berhenti sebentar kambuh lagi. Namun tidak perlu sampai patah arang untuk memberhentikan kebiasaan merokok.

Berhenti merokok juga bukan berarti ganti kebiasaan dengan menggunakan vape. Rokok elektrik dengan cairan kimia isi ulang yang mencoba menggantikan kedudukan rokok tembakau. Tidak heran terjadi persaingan, keduanya mengklaim sebagai rokok yang lebih baik. Padahal keduanya sama-sama menikmati asap plus, jadi seperti pribahasa keluar kandang harimau masuk kandang buaya.
Stop Merokok dan Vape dengan Siwak

Oleh karenanya terdapat tips yang mudah dan aman untuk menghentikan kebiasaan merokok. Adalah kayu siwak dapat membantu anda untuk menghentikan kebiasaan merokok. Kelebihan dari penggunaan siwak untuk menghentikan kebiasaan cukup baik. Tidak hanya menjadikan berat tubuh tidak bertambah, lebih mudah dan hemat saja, namun penggunaan siwak dapat bermanfaat triple kesehatan. 

Dan manfaat triple kesehatan yang dimaksud yaitu pertama manfaat kesehatan karena berhenti merokok. manfaat kesehatan kedua adalah manfaat kesehatan gigi dan mulut karena menggunakan siwak yang berbahan alami. Dan manfaat kesehatan yang ketiga adalah proses berhentinya yang bertahap, sehingga tubuh tidak terkejut. Terasa lebih enak dan lembut di kepala dan didada.

Siwak pada dasarnya adalah kayu yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk menyikat gigi dan mulut. Kayu siwak digunakan untuk menggantikan fungsi sikat dan pasta gigi ketika membersihkan gigi dan mulut. Namun karena siwak berbahan alami, makanya aman dan higienis walaupun digunakan berulang kali dalam sehari. Dan prinsip penggunaan siwak dalam menghentikan kebiasaan merokok adalah menjaga mulut dan gigi dalam keadaan bersih segar alami. Dengan kondisi mulut yang bersih segar alami, maka akan timbul rasa tidak suka untuk merokok.

Oleh karena itu setidaknya terdapat lima cara penggunaan siwak yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan motivasi diri yaitu :

1. Jika biasa sikat gigi 1 kali atau dua kali di pagi hari dan dimalam hari, maka jadikan siwak menggantikan sikat gigi 1 kali atau 2 kali sehari 

2. Bersikat gigi dengan siwak dapat ditambah sesuai dengan salah satu waktu shalat. Sehingga bersiwak dilakukan 3 kali sehari.

3. Bersikat gigi dengan siwak dapat ditambah dengan mencukupkannya sesuai dengan lima waktu shalat wajib . Sehingga bersiwak dilakukan 5 kali sehari.

4. Bersikat gigi dengan siwak disesuaikan dengan waktu shalat wajib dan sunnah. Lima kali sebelum shalat wajib ditambah dua kali sebelum shalat dhuha dan qiyamul lail. Sehingga bersiwak dilakukan 7 kali sehari.

5. Bersikat gigi dengan siwak disesuaikan dengan waktu shalat wajib dan sunnah ditambah dengan kebiasaan memasuki rumah dari berpergian atau pulang kerja dengan bersiwak. Sehingga bersiwak dilakukan lebih dari 7 kali sehari.

Walaupun sering dilakukan siwak tidak akan membawa dampak negatif bagi kesehatan. Justeru akan meningkatkan kebersihan mulut dan gigi sekaligus akan meningkatkan kesehatan. Tidak perlu ragu karena siwak adalah bahan alami tentu aman dan higienis walaupun digunakan berulang kali dalam sehari.

Kebiasaan bersiwak ini juga telah lama dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap akan shalat dan pulang kerumah. Oleh karena bagi seorang muslim tentu menjadikan sunnah tersendiri mengikuti kebiasaan Nabinya. Namun karena takut memberatkan umatnya, perintah bersiwak tidak dilakukan dengan dengan tegas. Beliau bersabda "Sekiranya tidak memberatkan ummatku atau manusia, niscaya aku akan perintahkan kepada mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) pada setiap kali hendak shalat." Shahih Bukhari 838. 

Selamat Mencoba Untuk Kesehatan dan semoga berkah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stop Merokok dan Vape dengan Siwak"

Posting Komentar