Hapusnya Pahala Puasa dan Amalan Karena Meninggalkan Shalat Ashar

Waktu Ashar memiliki keutamaan sebagai salah satu nama surat yaitu Al Ashr

وَالْعَصْرِ (١)إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢)إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣) 

1. demi masa.2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Ashr ayat 1-3)
Walaupun termasuk salah satu dari tiga surat pendek Alquran, Al Ashr memiliki sarat makna. Kerugian bagi orang-orang yang hingga waktu ashar tidak beriman dan tidak mengerjakan amal saleh dan tidak nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan tidak pula nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Dalam waktu ashar juga merupakan waktu pertengahan dalam Islam. Kalender Hijriah menjadikan ashar sebagai waktu pertengahan hari, berbeda dengan kalender masehi yang menjadikan waktu tengah sebagai pertengahan. dan dalam waktu ini umat Islam diberikan khusus perintah shalat ashar (wustha)

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ (٢٣٨)
peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa[152]. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'. (QS. Al Baqarah ayat 238)

Disamping memiliki keutamaan, waktu ashar juga menyimpan ancaman. 

dari Al Malih berkata:

كُنَّا مَعَ بُرَيْدَةَ فِي غَزْوَةٍ فِي يَوْمٍ ذِي غَيْمٍ فَقَالَ بَكِّرُوا بِصَلَاةِ الْعَصْرِ فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

Kami pernah bersama Buraidah pada suatu peperangan saat cuaca mendung, lalu ia berkata: Segeralah laksanakan shalat 'Ashar! Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Barangsiapa meninggalkan shalat 'Ashar sungguh hapuslah amalnya." Shahih Al Bukhari 520

Dari hadits di atas juga dapat menjelaskan bahwa orang yang berpuasa tapi meninggalkan shalat ashar maka akan hapus pahala puasanya pada hari itu. dan tentunya bukan hanya pahala puasa akan tetapi pahala amala kebaikan yang telah dilakukannya pada hari tersebut.

wallahu a'lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hapusnya Pahala Puasa dan Amalan Karena Meninggalkan Shalat Ashar"

Posting Komentar