Keutamaan dan Tanggung jawab seorang pemimpin

Pemimpin yg adil akan mendapat keutamaan diantaranya termasuk satu dari tujuh orang yang mendapat perlindungan/naungan ketika hari kiamat. (Shahih Al Bukhari 620) 
bahkan ada pemimpin yg akan diberikan. Dua pahala ketika mau menerima islam. Hal ini disampaikan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam kepada heraclius dalam suratnya. (Shahih al bukhari 6) 

namun sebaliknya, ia kan menanggung dosa rakyatnya jika tidak mau menerima islam. Sehingga disamping keutamaan yg lebih, sanksi bagi sesorang pemimpin juga besar sesuai dengan kepemimpinan. Semakin banyak yg ia pimpin, maka sebanyak itu pula pintu dosanya. Dan jangan lupa setiap diri kita adalah pemimpin. 
Keutamaan dan Tanggung jawab seorang pemimpin


Sekecil apapun itu akan dimintai pertanggung jawaban. 
suami akan dimintai pertanggungjawaban atas keluarganya 
Isteri akan dimintai pertanggungjawaban atas urusan rumahtangganya 
seorang pembantu alm dimintai pertanggungjawaban atas urusan harta tuannya. 
seorang laki-laki akan dimintai pertanggungjawaban harta bapaknya (shahih al bukhari 844) 

Bahkan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas tubuhnya, Dimana di hari kiamat akan ada waktu dimana setiap anggota akan bersaksi, akan berbicara realitanya ada kedustaan. 

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ ﴿٢٤﴾ "

pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (Q.S.24:24) 

dan pertama kali berbicara setelah mulut dikunci adalah paha. 

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Di sinilah kalian akan dikumpulkan, di sinilah kalian akan dikumpulkan dan di sinilah kalian akan di kumpulkan -sebanyak tiga kali-, dalam keadaan berkendaraan dan tak berjalan kaki dan kalian akan dikumpulkan di hari kiamat selepas kematian kalian di antara tujuh puluh umat, sedangkan kalian adalah umat yang paling terakhir dari mereka, sementara kalian adalah ummat yang dimuliakan disisi Allah Tabaraka Wata'ala. Kalian datang di hari kiamat dalam keadaan mulut kalian terkunci, dan yang pertama kali berbicara adalah kaki-kaki kalian (paha)." Musnad Ahmad 19160

 Semoga kita selalu dapat menjaga amanah atas kepemimpinan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan dan Tanggung jawab seorang pemimpin"

Posting Komentar