Menyatukan Kiblat Umat Islam di seluruh dunia

Kalimat menyatukan kiblat umat Islam di seluruh dunia menjadikan tanda tanya.

Apakah umat Islam Islam tidak satu kiblat ke ka'bah di mekkah?

Benar ka'bah adalah kiblat umat Islam, namun dalam penerapan beraneka ragam. Ada bermacam ragam fakta tentang kiblat umat Islam, diantaranya :

1. Berkiblat kearah ka'bah secara hati namun arah shalat kiblatnya mengikuti bentuk bangunan masjidnya. Padahal arah masjidnya tidak.mengarah ke ka'bah
2. Berkkiblat ke arah ka'bah secara hati namun arah shalat menuju kerah Barat atau Timur. Padahal ka'bah tidak tepat di timur atau dibaratnya.
3. Berkiblat tepat ke ka'bah namun membelakanginya.
4. Berkiblat secara tepat menghadap ke depan ka'bah


Secara garis besar empat ini yang terjadi di tengah umat, walaupun secara kenyataannya bisa jauh lebih banyak.

Terlebih adanya perdebatan panjang antara pemahaman bumi itu bulat dan bumi itu datar.

Astronout dari negeri tetangga malaysia dan arabsaudi menyatakan bahwa bumi itu bulat. Hal ini tentu memancing pendapat bumi itu bulat atau datar kembali ramai tentang kemana arah kiblat shalat? Demikian juga di amerika sedang jadi pembahasan dan begitu di suriname ada dikenal juga dua kiblat. Yang arahnya saling bertolak belakang.

Disini kita tidak membahas tentang perdebatan tentang bulat atau datarnya bumi. Namun lebih fokus pada kiblat shalat umat dimana pun berada. Karena yang mana itu fahamnya, hasilnya akan mendapatkan kiblat akan tetap sama ke arah kabah. Yang penting sepakati dulu kaidah utamanya.


Untuk itu kaidah dasarnya dulu difahami bahwa 
1. Kabbah itu pusat manusia. Surat Al maidah ayat 97. Selengkapnya tulisan Mekkah waktu pertengahan dunia

2. wilayah/negara yang masuk wilayah masyriq (timur) dan maghrib (barat). Surat al kahfi ayat 86 90. Selengkapnya tulisan defenisi barat dan Timur dalam perjalanan keliling dunia Dzulkarnain


Dari sana kita dapat agar kiblat semua umat menghadap kedepan ka'bah, maka untuk

1. Indonesia berada di timur ka'bah maka kiblatnya ke arah barat dengan derajatkecondongan sesuai lintang atau letak masjidnya

2. Amerika berada di barat kabah, maka kiblatnya ke arah timur dengan derajat kecondongan sesuai lintang atau letak lokasi masjidnya

3. Begitu juga untuk yang lain, namun jika negara berada di garis tengah bumi yang sama dengan mekkah, maka tinggal menyesuaikan derajat kecondongannya.

Namun penerapannya tentu tidak.mudah, perbedaan faham, kebiasaan, dan posisi bangunan masjid yang ada tentu menjadi kendala penerapannya. Utk itu tentu dapat bertahap, dan tidak perlu sampai berselisih dalamnya karena hal itu masih dapat dipayungi dengan ayat albaqarah 115 dan 177. 

Seraya tidak melupakan untuk terus memperbaiki kiblat agar sesua kiblat yg sesunggihnya. karena ada masjidil haram dan kabah sebagai pusat arah kiblat seluruh umat di dunia.yang dapat menyatukan tidak hanya kiblat shalat tapi juga kalender Islam Dunia bersatu dan lainnya. Untuk down.load buku silahkan dapat dilihat pada bagian buku.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyatukan Kiblat Umat Islam di seluruh dunia"

Posting Komentar