Tanya Jawab Infak Unta Padang Mahsyar dalam Jihad Harta ditengah Wabah Covid19

Tanya (Q=Qoestion) Jawab (A=Answer) Infak Unta Padang Mahsyar dalam Jihad Harta ditengah Wabah Covid19

Q. Apa yang dimaksud Infak Unta Padang Mahsyar dan pahalanya?
A. Infak berupa unta atau senilai unta untuk di jalan Allah, dan Insya Allah akan mendapatkan 700 unta di Padang Mahsyar saat Hari Kiamat
dari Abu Mas'ud bahwa
أَنَّ رَجُلًا تَصَدَّقَ بِنَاقَةٍ مَخْطُومَةٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِسَبْعِ مِائَةِ نَاقَةٍ مَخْطُومَةٍ
seorang laki-laki bershadaqah dengan seekor unta yang distempel di jalan Allah, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh ia akan datang pada Hari Kiamat membawa tujuh ratus unta yang distempel." Sunan Nasa'i 3136 hadits dishahihkan al albani dan abu tahir hadits yang senada terdapat dalam shahih muslim 3508, di musnad ahmad 16474 dan 21324 dan sunan ad darimi 2295

Q. Apa keutamaan mendapatkan 700 unta di hari Kiamat?
A. Unta tersebut akan menjadi kenderaan mukmin saat hari berkumpul yatu dari tempat dibangkitkan menuju Padang Mahsyar yang lamanya 50.000 tahun. Saat itu manusia terbagi atas tiga golongan yaitu Golongan pertama, meraka yang gembira disediakan makanan minuman dengan berkenderaa unta, golongan kedua, mereka yang harap-harap cemas dengan berjalan kaki dan lari, dan Golongan mereka yang penuh ketakutan dikumpulkan bersama api dan berjalan diatas wajahnya ketika menuju padang mahsyar.
Golongan yang naik unta terbagi atas 9 golongan yaitu 1 unta dinaiki 2 orang, 1 unta dinaiki 3 orang, dan 1 unta dinaiki 4 orang hingga 1 unta dinaiki 10 orang. (Shahih Muslim 5105)
Golongan yang berjalan kaki sebagiannya adalah mereka yang pada awalnya naik unta. Namun karena dosanya mereka menaiki 1 unta untuk 11 orang, atau untanya kelebihan  beban karena  zakat yang dilalaikan sehingga diperjalanan untanya mati.
Maka Infak Unta Padang Mahsyar merupakan amalan untuk mendapatkan unta di padang mahsyar, sehingga ketika kenderaan unta mati maka Allah ganti dengan unta yang lain. Dan kita diketahui lama seekor unta dapat dikendarai sekitar 30-40 tahun, maka dengan 700 unta insyaa allah dapat dikendarai selama 21.000-28.000 tahun dan satu unta terbaik untuk 2 dua orang sehingga mendekati lama hari berkumpul 50.000 tahun yaitu 42.000 -56.000 tahun.

Q. Bukankah Infak Unta itu Mahal?
A. Benar, bahwa harga unta saat ini sekitar 15-31 Juta. Namun bisa menjadi murah karena dapat dibagi 2-10 orang dan bisa juga dicicil. Contoh Ambil harga unta standar 21 juta rupiah/perekor dibagi untuk 10 orang maka tiap orang cukup berinfak 2,1 juta. Dan Insyaa Allah  dapat dicicil sesuai dengan jumlah pahala infak 700 unta padang mahsyar sehingga setiap unta padang mahsyar bernilai (2,1 juta/700) atau Rp. 3.000. Maka setiap infak senilai 3.000 insya Allah mendapatkan 1 (satu) ekor unta Padang Mahsyar.

Q. Kemana tujuan Infak?
A. Infak Unta Mahsyar diberikan untuk fiisabilillah atau dijalan Allah. dan Program Infak Unta Padang Mahsyar dalam Jihad Harta dilakukan dengan 5 kegiatan yaitu
1. Bantuan Beasiswa Santri Anak yatim/miskin
2. Pengadaan Alquran untuk hafidz dan taddabur (Mushaf utsmani ) terutama bagi anak yang dirumah dalam kondisi wabah covid19 dan Buku buku Islam 
3. Bantuan sembako sandang bagi keluarga miskin atau masyarakat terdampak wabah covid19
4. Bantuan kepada para Da’i, Ustadz dan guru mengaji dalam dakwahnya
5. Bantuan ke Masjid, pesantren dan majelis ilmu
6. Bantuan peralatan jihad seperti APD bagi tenaga medis dalam menangani wabah covid19

Infak melalui Rekening Bank Syariah Mandiri Cabang Pematangsiantar an. Afdoli 
No. 7139261757 (kodebank: 451)
Cara berinfak cukup transfer dengan menambahkan nomor kegiatan dibelakang nilai yang ditransfer. Contoh Infak unta padang Mahsyar pada kegiatan Bantuan Beasiswa senilai 30.000 maka transfer senilai Rp. 30.001. atau  infak unta padang Mahsyar pada kegiatan pengadaan alquran dan buku senilai 50.000 maka transfer sebesar Rp. 50.002.

Q. Apakah ini tidak sama seperti infak biasanya, kenapa disebut Infak Unta Padang Mahsyar?
A. Sesuai niatnya Infak Unta Padang Mahsyar maka orang yang berinfak Insyaa allah akan mendapatkan pahala ganda yaitu pahala mendapatkan unta padang mahsyar dan sesuai dengan tujuan infaknya. Infak disalurkan di jalan allah untuk kegiatan amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat dan lainnya sehingga meskipun orang berinfak telah meninggal dunia, insyaaAllah pahala akan tetap mengalir. Sehingga mendpaatkan pahala ganda yaitu mendapatkan pahala amal jariah sekaligus unta padang mahsyar.

Q. Apakah Infak Unta Padang Mahsyar dapat diniatkan atas nama orang tua yang telah meninggal?
A. Dianjurkan, infak diberikan atas nama orang tua. Dan infak ini bisa bentuk pertolongan kita kepada orang  yang telah meninggal sehingga mereka mendapat kemudahan di padang mahsyar dengan tersedianya kenderaan unta.  

Q. Apakah Infak Unta Padang Mahsyar boleh atas nama satu keluarga?
A. Dianjurkan bahwa suatu kebahagiaan jika kita bisa bersama dengan orang kita cintai ketika dalam perjalanan menuju padang mahsyar di atas satu unta.  Namun perlu dicatat hindari dosa memisahkan seorang anak dengan orang tuanya, karena orang yang melakukannya maka akan Allah pisahkan dia dari orang yang dicintainya ketika di hari kiamat.

Q. Apakah Infak Unta Padang Mahsyar harus melalui program Infak Unta Padang Mahsyar?
A. Tidak mesti, infak dapat dilakukan oleh siapa saja,  dimana saja dan kepada siapa saja, namun cukup menambah niat untuk infak unta Padang mahsyar ketika berinfak di jalan Allah.

Q. Bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki harta? apakah mereka tidak akan dapat unta Padang Mahsyar?
A. unta padang Mahsyar bisa tetap didapatkan hanya dengan membagikan kabar ini kepada orang lain. Orang yang berinfak unta padang Mahsyar karena kabar yang dibagikannya, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berinfak tanpa mengurangi pahal yang berinfak tersebut.  Dan Masih banyak amalan lain yang pahalanya sama seperti berinfak unta,yaitu menjadi kelompok pertama yang masuk masjid ketika di hari juma’at.

Q. Bagaimana dengan mereka yang tidak pernah berinfak unta Padang Mahsyar? Apakah mereka tidak mendapatkan kenderaan unta di padang mahsyar?
A. mukmin mendapatkan kenderaan unta dipadang Mahsyar sesuai amal ibadahnya. Namun ada yang diantaranya  karena dosa yang diperbuat maka mereka hanya mendapatkan 1 unta untuk dinaiki 11 orang atau karena zakat yang dilalaikan menjadikan untanya kelebihan beban dan untanya mati. Dan Ktika tidak ada pengganti untanya maka  mereka menjadi kelompok yang harap-harap cemas yaitu berjalan kaki menuju padang mahsyar.
Sedangkan orang yang sengaja berniat infak unta padang mahsyar, sesuai innama a’malu binniyat maka ia akan mendapatkan untanya di padang mahsyar. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya (Qs. Al Zazalah ayat 8)

Q. Apakah cukup berinfak dengan satu unta saja?
A. Apabila yang dinfaknya dua unta atau sepasang unta, maka para pejaga juga akan menyambut dan berebut agar mendekat kepadanya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah seorang hamba muslim yang menginfakkan satu pasang dari setiap hartanya di jalan Allah kecuali seluruh penjaga Surga akan menyambutnya, mereka menyerunya agar datang ke sisinya. Abu Dzar berkata: apabila unta maka dengan ia menginfakkan dua unta, Sunan Nasa'i 3134 hadits dinilai Shahih oleh Al Albani dan Abu Thahir

Kajian selengkapnya dapat dibaca dalam Buku Jejak Perjalanan Akhirat dan Syafaat. Buku tersedia dapat didownload gratis.  Atau 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanya Jawab Infak Unta Padang Mahsyar dalam Jihad Harta ditengah Wabah Covid19"

Posting Komentar